Keutamaan Asmaul Husna, 99 Nama Allah SWT yang Baik

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 19:23 WIB
Mengamalkan asmaul husna memiliki banyak keutamaan di sisi Allah, termasuk pahala yang besar. Ilustrasi. Mengamalkan asmaul husna memiliki banyak keutamaan di sisi Allah, termasuk pahala yang besar. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain dengan kalimat toyibah, umat Islam dapat mengingat Allah SWT dengan asmaul husna atau 99 nama Allah yang baik.

Mengamalkan asmaul husna memiliki banyak keutamaan di sisi Allah, termasuk pahala yang besar.

Berikut keutamaan asmaul husna.


1. Nama-nama Allah yang baik

Asmaul husna berasal dari kata bahasa Arab 'asma' yang berarti nama dan 'husna' yang berarti baik atau indah. Asmaul husna adalah nama-nama baik yang dimiliki oleh Allah SWT. Asmaul husna berjumlah 99 nama.

Beberapa asmaul husna di antaranya Ar-Rahmaan artinya Maha Pengasih, Ar-Rahiim artinya Maha Penyayang, Al-Malik artinya Maha Raja, Al-Quddus artinya Maha Suci, dan As-Salaam artinya Maha Sejahtera atau Maha yang Memberikan Kesejahteraan.

2. Sifat-sifat Allah SWT

Nama-nama Allah yang baik ini juga merupakan sifat-sifat Allah yang wajib diimani. Nama-nama ini banyak terdapat di dalam Alquran seperti di dalam surat Al-Hasyr ayat 22-24.

"Dia lah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia lah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

"Dia lah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maha Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

"Dia lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dia lah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana," terjemahan surat Al-Hasyr ayat 22-24.

Asmaul husna disusun menjadi beberapa versi agar lebih mudah diingat dan dihafalkan. Membaca atau bahkan menghafal asmaul husna bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

3. Terkabulnya doa

Membaca asmaul husna dan memuji Allah juga dapat membuat doa lebih mudah dikabulkan. Allah memerintahkan setiap hamba untuk berdoa dengan menyebut asmaul husna, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Araf ayat 180.

"Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohon lah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkan lah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam [menyebut] nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan," terjemahan surat Al-Araf ayat 180.

4. Mendapatkan surga

Allah menjanjikan setiap orang yang mengamalkan asmaul husna dalam perkataan dan juga kepribadian atau tingkah lakunya akan dimasukkan ke dalam surga di hari pembalasan kelak.

"Allah mempunyai 99 nama, 100 kurang satu, barang siapa memahaminya akan masuk surga," hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

Asmaul husna dapat dibaca kapan saja. Sama seperti zikir, membaca asmaul husna juga dapat mengingat Allah dan mendekatkan diri pada Allah.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]