Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun Walau Sudah Diet

Tim, CNN Indonesia | Senin, 31/08/2020 09:13 WIB
Berbagai cara diet sudah dijalankan, tapi berat badan tak kunjung menurun. Mengapa bisa demikian? Ilustrasi. Berbagai faktor lain, selain pola makan dan olahraga teratur, turun memengaruhi proses penurunan berat badan. (Peter Belch via tookapic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai cara diet sudah dipraktikkan, mulai dari mengontrol pola makan hingga olahraga teratur. Tapi, berat badan tak kunjung menurun. Mengapa bisa demikian?

Faktanya, menurunkan berat badan tak sekadar urusan diet dan olahraga teratur. Ada hal-hal lain yang di luar kontrol bisa memengaruhi upaya diet Anda seperti stres.

Berikut beberapa alasan yang membuat berat badan susah turun meski diet telah dijalani.


1. Kurang tidur

Waktu tidur yang kurang bakal membuat Anda susah memangkas lemak perut. Melansir dari Harpers Bazaar, studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan, perempuan yang tidur kurang dari 4 jam bakal makan 300 kalori lebih banyak dan lemak 21 gram lebih banyak di hari berikutnya.

Usahakan tidur cukup dan berkualitas. Hindari kafein, kurangi paparan cahaya biru dari monitor termasuk ponsel.

2. Kurang asupan protein

Cek lagi asupan protein Anda. Berdasarkan studi yang diterbitkan di FASEB Journal, mereka yang diet dan menambah asupan protein dua kali lipat mampu memangkas lebih banyak lemak. Selain itu, konsumsi protein juga membuat kesehatan otot lebih terjaga.

Hal ini disebabkan oleh efek termogenik yang terjadi saat tubuh mencerna protein. Tubuh membakar energi untuk memecah protein, sehingga Anda bakal membakar lebih banyak kalori. Protein juga membuat perut kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa terhindar dari makan berlebih setelahnya.

3. Meja kerja berantakan

Meja kerja berantakan bisa merusak upaya Anda menurunkan berat badan. Mungkin Anda menganggap ini sama sekali tidak berhubungan. Namun, studi di AS menemukan, meja kerja yang rapi mendorong Anda untuk memilih menu-menu makanan yang menyehatkan.

Simpan makanan ringan di tempat yang tersembunyi. Bereskan potongan catatan atau kertas-kertas yang terserak. Santap makan siang Anda di meja berbeda dan putar musik yang mengalun agar makan lebih fokus sehingga tidak timbul rasa lapar hanya dalam 1-2 jam setelah makan.

4. Target tak realistis

Program penurunan berat badan selayaknya dilakukan dengan konsisten, bukan memasang target besar dalam waktu cepat. Penelitian dari George Washington University menemukan, ekspektasi diet yang tinggi bisa mengakibatkan fenomena yo-yo (berat badan turun setelah naik drastis) dan menimbulkan penurunan kepercayaan diri.

Mulai-lah dari target-target kecil, misalnya menyisipkan sayuran tiap kali makan. Minum segelas air saat sebelum dan bangun tidur. Jangan terlalu terpaku pada angka di timbangan.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK