5 Cara Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 04/09/2020 07:21 WIB
Penampakan kantung mata bukan saja disebabkan kebiasaan begadang, ahli dermatologi mengungkapkan faktor makanan yang dikonsumsi dan genetik juga berpengaruh. Ilustrasi: Penampakan kantung mata bukan saja disebabkan kebiasaan begadang, ahli dermatologi mengungkapkan faktor makanan yang dikonsumsi dan genetik juga berpengaruh. (Foto: Istockphoto/Motortion)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberadaan kantong mata atau lingkaran hitam di sekitar mata seringkali membuat penampilan tampak kuyu. Kantong mata bukan saja soal kebiasaan begadang, melainkan juga perkara konsumsi makanan tinggi garam juga, faktor genetik.

Menurut Rachel Nazarian, ahli dermatologi di Schweiger Dermatology Group, kantong mata bisa disebabkan sirkulasi limfatik yang buruk atau faktor makanan termasuk asupan makanan tinggi garam sehingga menarik air ke jaringan kulit.

"Bagaimanapun juga ada faktor genetik yang mengakibatkan kulit melemah dan mengakibatkan pembentukan kantong mata, yang mana sayangnya kondisi ini memburuk seiring pertambahan usia," kata Nazarian mengutip dari Cosmopolitan.


Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan di klinik, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut.

1. Kompres dingin

Kompres dingin bisa membantu mengurangi kenampakan kantong mata. Sebaiknya Anda menyiapkan kain yang dibasahi dengan air dingin atau air es. Kemudian tekan perlahan pada bagian bawah mata. Anda bisa mengaplikasikan kompres setelah wajah dibersihkan dan sebelum penggunaan produk perawatan wajah.

"Kompres dingin, seperti ketimun di tempat spa, membantu menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi kantong mata," jelas ahli dermatologi, Mona Gohara.

2. Tidur dengan posisi berbaring

Usahakan tidur dengan posisi berbaring. Barangkali ini terdengar aneh, tetapi Gohara berkata, posisi berbaring mencegah akumulasi cairan pada mata. Artinya, mata tidak akan jadi bengkak atau berkantong saat Anda bangun keesokan hari.

Namun jika posisi ini kurang nyaman untuk Anda, pastikan Anda menggunakan sarung bantal dari katun atau bahan lembut lain untuk mengurangi gesekan.

3. Kurangi makanan asin

Gohara juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan asin atau tinggi garam. Selain itu kurangi juga konsumsi alkohol. Keduanya, kata dia, bisa menimbulkan retensi cairan sehingga kantong mata bertambah besar.

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi keduanya, tetapi konsumsilah secara moderat atau tidak terlalu sering.

4. Meditasi

Apa hubungannya meditasi dengan kantong mata? Ternyata makin stres Anda, makin terlihat kantong di bawah mata. Menurut Gohara, hormon kortisol alias hormon stres turut ambil bagian dalam pembentukan kantong mata. Produksi hormon makin tinggi saat Anda mengalami stres dan cemas.

Meditasi mampu membantu Anda menurunkan kadar stres sehingga produksi hormon kortisol bisa direm. Selain meditasi, Anda bisa menjajal aktivitas lain seperti yoga, jalan kaki, berjemur di pagi hari atau menikmati teh hangat.

5. Eye cream

Kini banyak beredar produk perawatan wajah yang dikhususkan untuk area sekitar mata. Krim mata atau eye cream bisa membantu Anda mengatasi kantong mata. Shereene Idriss, ahli dermatologi di Union Square Laser Dermatology mengatakan sebaiknya Anda memilih eye cream dengan kandungan vitamin C, teh hijau atau aloe vera dan kafein.

Kandungan vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan. Teh hijau atau aloe vera untuk menenangkan dan menyejukkan kulit dan kafein untuk mengencangkan kulit.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA