Tanaman Hias Termahal Rekor di Selandia Baru, Harga Rp77 Juta

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 02/09/2020 17:35 WIB
Tanaman hias itu adalah Rhaphidophora tetrasperma yang sangat langka. Sepintas mirip seperti Monstera, tapi berasal dari keluarga yang berbeda. Ilustrasi. Seorang warga Selandia Baru membeli tanaman hias Rhaphidophora tetrasperma seharga US$ 5.300 atau sekitar Rp77 juta. (iStockphoto/Firn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah tren tanaman hias yang terus menanjak, uang seolah tak jadi masalah. Seorang warga Selandia Baru menciptakan rekor baru dengan membeli tanaman hias termahal seharga US$5.300 atau sekitar Rp77 juta.

Tanaman hias itu adalah Rhaphidophora tetrasperma yang sangat langka. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini hanya memiliki empat daun.

Mengutip Fox News, pembelian termahal ini terjadi di situs lelang Trade Me yang berbasis di Selandia Baru pada pekan lalu.


Sepintas, tanaman hias itu mirip seperti tanaman Monstera yang naik daun selama pandemi. Namun, tanaman yang dibeli dengan harga selangit itu berasal dari keluarga yang berbeda dengan Monstera.

Rhaphidophora tetrasperma merupakan tumbuhan tropis yang dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman ini kerap juga disebut sebagai Monstera mini, meski berasal dari keluarga yang berbeda.

Mengutip Leafy Place, Rhaphidophora tetrasperma menjadi anggota tanaman dari keluarga Araceae, yang berbeda dengan Monstera atau Philodendron.

Tak hanya Rhaphidophora tetrasperma, situs Trade me juga mencatat lonjakan minat pada penelusuran tanaman Monstera sepanjang Mei-Juni 2020. Mengutip New York Post, tercatat ada 33 ribu pencarian untuk varietas tersebut.

Rhapdidophora tetrasperma ini bukan satu-satunya tanaman yang menarik minat banyak orang. Tanaman lain Hoya carnosa compacta dijual dengan harga US$ 4.200 (sekitar Rp62,2 juta) pada Juni lalu. Lalu, ada pula Monstera aurora yang harganya melebihi US$ 3.700 (sekitar Rp54,8 juta).

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]