5 Cara Mencegah Dehidrasi Kulit Wajah

tim, CNN Indonesia | Jumat, 04/09/2020 05:00 WIB
Kulit wajah rentan terhadap dehidrasi. Saat kekurangan cairan, kulit wajah langsung menunjukkan reaksi. Berikut cara mencegah dehidrasi pada kulit wajah. Kulit wajah rentan terhadap dehidrasi. Saat kekurangan cairan, kulit wajah langsung menunjukkan reaksi. Berikut cara mencegah dehidrasi pada kulit wajah.(Istockphoto/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kulit wajah rentan terhadap dehidrasi. Saat kekurangan cairan, kulit wajah langsung menunjukkan reaksi. Berikut cara mencegah dehidrasi pada kulit wajah.

Dehidrasi pada kulit merupakan kondisi kekurangan cairan pada lapisan kulit sehingga menyebabkan kulit kering, kekurangan volume dan kekencangannya atau kendur.

Dermatolog Litya Ayu Kanya Anindya menjelaskan dehidrasi kulit terjadi karena beberapa penyebab. Mulai dari penuaan, sinar radiasi UV, polusi udara, hingga stres. Dehidrasi kulit juga bisa disebabkan karena kurang tidur dan kurang minum. Penggunaan skincare yang salah juga dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit.


Dehidrasi pada kulit wajah dapat menyebabkan munculnya kerutan hingga kekurangan volume kulit.

"Efeknya muncul kerutan-kerutan halus atau keriput, kekurangan elastisitas, kaku, dan kekurangan volume yang ditandai kulit mengendur," kata Litya dalam peluncuran serum hyaluronic acid L'oreal, beberapa waktu lalu.

Dehidrasi dan dampaknya pada kulit dapat dicegah. Berikut cara mencegah dehidrasi pada kulit wajah.

1. Minum air putih yang cukup

Asupan cairan dari air putih penting untuk menjaga hidrasi kulit. Konsumsi air putih yang cukup setiap hari untuk mencegah dehidrasi kulit. Setiap orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi 2 liter air setiap hari.

2. Menghindari paparan sinar matahari

Radiasi sinar UV merupakan penyebab dehidrasi kulit. Oleh karena itu hindari paparan sinar matahari dalam waktu yang lama untuk mencegah dehidrasi kulit.  

3. Tidak menggunakan air panas

Menggunakan air panas untuk mencuci muka dapat memicu dehidrasi pada kulit.

"Gunakan suhu air keran normal," ucap Litya yang merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin.

4. Gunakan sabun yang tidak mengandung deterjen

Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengandung deterjen. Bahan kimia yang keras seperti deterjen dapat menyerap air dan membuat kulit dehidrasi.

5. Serum dan pelembap

Untuk menjaga kadar air dalam kulit wajah, gunakan produk perawatan wajah yang dapat menahan air di dalam kulit. Produk seperti serum dan pelembap dapat digunakan setiap hari untuk menjaga hidrasi kulit.

Pilih pula kandungan serum dan pelembap yang bersifat menjaga air di dalam kulit, seperti hyaluronic acid dan aloe vera.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK