Tips Belanja Online yang Aman agar Tidak Tertipu

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/09/2020 14:09 WIB
Belanja online membuat kita tak bisa melihat kredibilitas penjual dan kualitas produk secara langsung. Berikut tips belanja daring agar aman dan tidak tertipu. Ilustrasi. Belanja online membuat kita tak bisa melihat kredibilitas penjual dan kualitas produk secara langsung. (iStockphoto/Chainarong Prasertthai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep ditipu oleh online shop saat mencoba membeli piyama secara daring. Agar tak tertipu seperti Kaesang, terdapat beberapa tips berbelanja daring yang aman.

Belanja daring jadi pilihan cerdas di tengah situasi pandemi Coid-19. Namun, di sisi lain, berbelanja secara daring membuat kita tak bisa melihat penjual secara langsung dan menyentuh produk yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda mesti lebih waspada dan berhati-hati sebelum bertransaksi secara online.

Berikut tips berbelanja online yang aman dan tidak tertipu.


1. Lihat ulasan toko

Sebelum memutuskan untuk berbelanja daring, cek terlebih dahulu kredibilitas toko. Periksa ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di online shop tersebut. Hal ini bisa diketahui dari rating toko, kolom ulasan, dan kolom komentar di media sosial.

Cari referensi sebanyak mungkin sebelum memutuskan berbelanja di toko tersebut.

2. Cek harga

Periksa pula harga yang ditawarkan oleh toko daring. Selalu curiga jika toko tersebut menawarkan harga yang terlalu murah dan jauh dari harga rata-rata di pasaran. Jika harga terlalu murah, ada kemungkinan produk palsu atau tidak orisinal.

3. Pilih toko yang direkomendasikan

Pilih-lah toko daring yang sudah direkomendasikan oleh orang lain seperti teman maupun dari e-commerce. Beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lainnya memberikan label toko rekomendasi atau toko berbintang untuk para penjual. Toko-toko ini umumnya sudah terpercaya dan memiliki banyak pelanggan tetap.

4. Chat penjual

Jangan ragu untuk bertanya pada toko daring tersebut dengan mengirim pesan atau chat. Lihat respons dari penjual. Tanyakan hal-hal detail agar Anda semakin yakin untuk berbelanja di toko tersebut.

5. Pilih metode cash on demand (COD)

Jika Anda masih ragu, pilih metode pembayaran COD. Metode ini memungkinkan Anda membayar produk setelah produk sampai diantarkan kurir. Jika Anda mau membeli, uang bisa dibayarkan ke kurir. Jika tidak, kurir akan kembali mengirimkan barang ke penjual.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]