7 Cara Mencegah Katarak

tim, CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 09:02 WIB
Katarak adalah salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Akan tetapi ada berbagai cara mencegah katarak yang bisa dilakukan. Katarak adalah salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Akan tetapi ada berbagai cara mencegah katarak yang bisa dilakukan.(Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Katarak adalah salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Penyakit ini merupakan kekeruhan pada lensa mata yang seharusnya bening. Akan tetapi ada berbagai cara pencegahan katarak yang bisa dilakukan.

Jika diibaratkan pasien katarak melihat dunia seperti pandangan mata yang terbatas karena jendela yang berkabut. Ini akan membuat pasien sulit membaca (bukan karena mata minus), mengendarai mobil (terutama malam hari), dan melakukan aktivitas lainnya.

Mengutip Mayo Clinic, kebanyakan katarak berkembang perlahan dan tidak mengganggu penglihatan Anda sejak dini. Namun seiring berjalannya waktu, katarak pada akhirnya akan mengganggu penglihatan Anda.


Pada awalnya, kacamata dan pencahayaan yang lebih kuat bisa membantu Anda mengatasi katarak. Tetapi jika gangguan penglihatan mengganggu aktivitas Anda yang biasa, Anda mungkin perlu operasi katarak. Untungnya, operasi katarak umumnya merupakan prosedur yang aman dan efektif.

Cara mencegah katarak

Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana mencegah katarak atau menghambat perkembangan katarak. Namun ada beberapa cara untuk mencegah katarak.

1. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur

Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya di tahap paling awal sebelum terlambat.

2. Berhenti merokok

Mengutip WebMD, merokok bukan hanya buruk untuk jantung dan paru-paru, tapi juga mata. Merokok akan menambah radikal bebas ke mata. Merokok akan membunuh senyawa positif yang menyehatkan mata dan juga menyebabkan racun penyebab katarak.

3. Pilih makanan sehat

Banyak buah dan sayur yang mengandung antioksidan untuk membantu kesehatan mata. Aneka makanan yang mengandung vitamin C dan E mungkin bisa membantu mencegah katarak.

4. Diet sehat

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa diet sehat yang kaya vitamin dan mineral dikaitkan dengan penurunan risiko katarak.

5. Memakai kacamata hitam

Sinar UV ternyata berkontribusi pada perkembangan katarak. Kenakan kacamata hitam yang menghalangi sinar ultraviolet B (UVB) saat Anda berada di luar ruangan.

6. Kurangi penggunaan alkohol

Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak.

7. Cek gula darah

Jika Anda memiliki diabetes maka sangat penting untuk menjaga gula darah Anda tetap terkontrol.

Tujuh hal tersebut bisa menjadi cara mencegah katarak yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

(chs)

[Gambas:Video CNN]