Mengenal Doa Qunut Nazilah saat Salat Wajib di Masa Pandemi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 20:43 WIB
Di masa pandemi, umat Islam bisa melafalkan doa qunut nazilah saat salat wajib untuk menangkal musibah, malapetaka, dan bencana. Ilustrasi. Di masa pandemi, umat Islam bisa melafalkan doa qunut nazilah saat salat wajib untuk menangkal musibah, malapetaka, dan bencana. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Doa qunut identik dengan doa yang dilakukan saat salat Subuh. Namun, di masa pandemi Covid-19 ini, selain pada salat Subuh, umat Islam juga bisa melakukan doa qunut saat salat wajib lainnya. Doa ini dikenal dengan doa qunut nazilah.

Qunut nazilah adalah adalah doa untuk menangkal musibah, malapetaka, dan bencana yang dibaca pada setelah rukuk atau iktidal rakaat terakhir pada salat fardu. Pada masa pandemi Covid-19 ini, doa qunut nazilah dapat menjadi amalan saat salat wajib.

"Itu namanya qunut nazilah, qunut ketika ada bala atau musibah sedang melanda. Termasuk ada wabah penyakit Covid-19, musibah pada kaum muslim, penjajahan, merebaknya maksiat dan lain-lain," kata Kyai Imam Sholihun dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (21/9).


Hukum membaca doa qunut nazilah saat terjadi musibah pada setiap salat wajib adalah sunah, seperti dikutip oleh Imam Ibrahim Al Bajuri dalam Kitab  Hasyiyah Al Bajuri 'ala Ibni Qosim Juz 1 halaman 163.

Pendapat yang sama juga dipertegas oleh Al Imam An Nawawi Al Jawi dalam Syarah Kasyifatussaja halaman 73.

"Disunahkan membaca doa qunut di setiap salat [Subuh dan lainnya] di dalam iktidal rakaat terakhir karena turun bala," kata Imam An Nawawi.

Sedangkan qunut biasa merupakan doa qunut yang disunahkan dibaca pada salat Subuh, baik terjadi musibah atau pun tidak, sesuai dengan Mazhab Syafi'i.

"Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan qunut di dalam salat Subuh hingga wafat," hadis dari sahabat Anas RA.

Qunut nazilah dapat dijadikan doa kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Qunut nazilah bagus untuk dipakai berdoa memohon pada Allah SWT, agar wabah Covid-19 segera diangkat dihilangkan dari muka bumi ini," kata KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi kepada CNNIndonesia.com.

Berikut bacaan doa qunut nazilah:

Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man 'afait wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma a'thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yadzillu man walait, wa la yaizzu man adait, tabarakta rabbana wa ta'alait, fa lakalhamdu 'ala ma qadhait, astgahfiruka wa atubu ilaik. Allahummadfa' annal ghala'a wal waba'a wal fakhsya'a wal munkar was syuyufal mukhtalifata was syadaidal mihan, ma dzhara minha wa ma bathana, min baladina hadza khassah, wa min buldanil muslimina aammah, innaka ala kulli syai'in qadir, wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya:
Ya Allah, beri lah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Beri lah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpin lah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin.

Beri lah berkah pada segala yang telah Engkau pimpin. Beri lah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan pelihara lah aku dari kejahatan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidak lah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidak lah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]