Mengenal 10 Malaikat dan Tugasnya yang Diimani dalam Islam

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2020 12:55 WIB
Umat Islam wajib mempercayai keberadaan malaikat. Terdapat 10 malaikat beserta tugasnya yang wajib diimani dalam Islam. Ilustrasi. Terdapat 10 malaikat beserta tugasnya yang wajib diimani dalam Islam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Jakarta, CNN Indonesia --

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT selain manusia, setan, dan jin. Terdapat 10 malaikat beserta tugasnya yang wajib diimani dalam Islam.

Allah SWT menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Malaikat adalah makhluk yang selalu taat dan beribadah kepada Allah.

Umat Islam wajib mempercayai keberadaan malaikat, walaupun tak terlihat secara kasat mata. Percaya kepada malaikat termasuk dalam rukun iman kedua dalam Islam.


Malaikat memiliki sifat-sifat yang juga wajib diimani. Sifat itu meliputi selalu beribadah kepada Allah, tidak memiliki hawa nafsu, mengamalkan perintah Allah, serta tidak makan dan minum.

Allah menciptakan banyak malaikat dengan berbagai tugas. Hanya Allah yang mengetahui jumlah malaikat. Terdapat 10 malaikat beserta tugasnya yang wajib dipercaya.

Berikut 10 malaikat dan tugasnya.

1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dan mengajarkannya kepada nabi dan rasul. Malaikat Jibril lah yang menyampaikan Alquran secara perlahan-lahan kepada Nabi Muhammad SAW.

"Katakan lah, barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya [Alquran] ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa [kitab-kitab] yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman," firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 97.

Di dalam Alquran, malaikat Jibril juga mempunyai sejumlah julukan seperti Ruh al Amin dan Ruh al Qudus.

2. Malaikat Mikail bertugas menyampaikan rezeki

Malaikat Mikail merupakan malaikat yang bertanggung jawab mengirimkan rezeki dari Allah SWT kepada manusia. Malaikat Mikail juga mengatur rezeki kepada makhluk-makhluk Allah lainnya di muka bumi seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Malaikat Mikail juga mengatur air serta menurunkan hujan dan petir ke muka bumi.

Nama malaikat Mikail juga disebut dalam Alquran pada surat Al-Baqarah ayat 98. "Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir," terjemahan surat Al-Baqarah ayat 98.

3. Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala

Malaikat Israfil merupakan malaikat pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Israfil bertugas untuk meniup sangkakala pada hari kiamat. Tiupan sangkakala yang pertama merupakan tiupan penanda datangnya hari kiamat dan tiupan yang kedua merupakan tiupan hari berbangkit.

"Dan ditiup lah sangkakala, maka mati lah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu [putusannya masing-masing]," firman Allah dalam surat Az-Zumar ayat 68.

Umat Muslim berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.Ilustrasi. (Adhi Wicaksono)

4. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa

Malaikat Izrail adalah malaikat yang bertugas mencabut nyawa manusia. Malaikat Izrail dikenal juga dengan sebutan malaikat maut.

Malaikat Izrail akan mencabut nyawa orang yang beriman dengan lembut. Sedangkan orang kafir akan dicabut dengan penuh kesulitan dan rasa sakit.

5. Malaikat Munkar bertugas menanya ruh di alam kubur

6. Malaikat Nakir bertugas menanya ruh di alam kubur

Malaikat Munkar dan Nakir mempunyai tugas yang sama yakni menanyai ruh atau orang yang telah meninggal dunia di alam kubur. Munkar dan Nakir akan menanyakan, 'Siapa Tuhanmu? Apa Agamamu? Siapa Nabimu?'

Orang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut akan diberikan kelapangan di alam kubur sambil menanti datangnya hari kiamat. Sedangkan orang yang tidak bisa menjawabnya akan disiksa di dalam kubur.

7. Malaikat Raqib bertugas mencatat amal baik manusia

Malaikat Raqib bertugas mencatat semua amal kebaikan manusia. Dia mengiringi setiap langkah manusia dan akan mencatat amalan tersebut untuk diserahkan kepada Allah SWT di hari perhitungan. Manusia yang memiliki banyak amal kebaikan dibandingkan amal buruk akan mendapatkan hadiah berupa surga di hari pembalasan kelak.

8. Malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia

Berbeda dengan malaikat Raqib, malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia. Ia juga mengiring langkah manusia dan dengan sigap mencatat semua keburukan manusia.

Barang siapa yang berat timbangan keburukannya akan dihukum di neraka.

9. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga

Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga. Malaikat Ridwan akan membuka pintu surga, menyambut orang yang beriman untuk masuk ke dalamnya saat diperintahkan oleh Allah SWT.

10. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka

Malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka. Saat diperintahkan Allah di hari pembalasan nanti, Malaikat Malik akan membuka pintu neraka. Malaikat Malik disebut memiliki wujud yang menyeramkan, bahkan api neraka pun takut kepadanya.

Dengan mempercayai keberadaan malaikat beserta tugasnya, manusia hendaknya dapat berperilaku dengan baik dan beramal saleh.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]