7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 13:14 WIB
Makanan dengan nutrisi tinggi adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mata. Pilih makanan yang kaya akan vitamin A, C, E dan antioksidan. Ilustrasi: Makanan dengan nutrisi tinggi adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mata. Pilih makanan yang kaya akan vitamin A, C, E dan antioksidan. Misalnya, jeruk. (Foto: Pixabay/stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mata yang sehat dapat membantu Anda beraktivitas lebih baik. Makanan dengan nutrisi tinggi merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mata. Terdapat sejumlah makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Nutrisi yang baik ini dapat mencegah berbagai masalah pada mata seperti katarak, degenerasi makula, glaukoma, mata kering, dan penglihatan malam yang buruk.

Makanan yang kaya antioksidan dapat mencegah mata dari kerusakan dan berbagai penyakit tersebut. Mata membutuhkan vitamin A, C, E dan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta karoten dan asam lemak omega-3.


Vitamin dan antioksidan ini dapat diperoleh dari makanan kaya protein, buah-buahan, dan sayuran. Konsumsilah berbagai jenis buah dan sayur dari berbagai warna untuk memperkaya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut tujuh makanan yang baik untuk kesehatan mata.

1. Ikan berlemak

Ilustrasi daging salmonFoto: FoodiesFeed/Jakub Kapusnak
Ikan berlemak seperti salmon, sarden dan mackerel baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega-3.

Aneka ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel baik untuk menjaga kesehatan mata. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang menjaga kesehatan retina.

Kandungan asam lemak omega-3 juga terbukti dapat mencegah mata kering, salah satu masalah mata yang kerap dialami para pekerja yang berkendara dan menatap layar terlalu lama.

2. Telur

Telur mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin dan seng.

Vitamin A dapat membantu melindungi kornea atau permukaan mata. Sedangkan lutein dan zeaxanthin dapat mencegah degenerasi makula dan katarak. Sementara seng membantu menjaga kesehatan retina.

3. Kacang almond

Almond mengandung vitamin E yang dapat melindungi mata dari molekul-molekul yang merusak. Dikutip dari Health Line, mengonsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula, kondisi mata yang risikonya meningkat seiring bertambahnya usia.

Selain pada kacang almond, vitamin E juga terdapat pada biji bunga matahari dan kacang tanah.

4. Produk susu

Susu dan yogurt juga mengandung vitamin A serta mineral seng. Dua nutrisi ini baik untuk menjadi jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina. Susu juga menjaga kesehatan koroid yang berfungsi mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina.

5. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Keduanya dapat mencegah mata dari infeksi serius. Vitamin A membantu menjaga permukaan mata tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Sementara beta karoten mencegah peradangan.

6. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat menjaga mata dan pembuluh darah di sekitarnya. Studi menunjukkan konsumsi jeruk dapat mencegah katarak dan degenerasi makula.

7. Bayam

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat menyerap cahaya biru, cahaya yang berbahaya untuk retina. Konsumsi bayam dapat membantu menjaga penglihatan dalam jangka panjang.

Selain mengonsumsi makanan terbaik untuk kesehatan mata, hindari pula makanan yang dapat memicu peradangan seperti makanan cepat saji, berlemak, dan bergula tinggi. Gunakan pula kacamata untuk melindungi mata dari sinar UV dan istirahatkan mata saat sudah terlalu lama melihat layar.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]