Mengenal Sejarah Doa Malaikat Tuhan bagi Umat Katolik

tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 09:00 WIB
Doa Malaikat Tuhan termasuk salah satu doa devosi yang ada dalam ajaran Katolik. Berikut sejarah dan doa Malaikat Tuhan (Angelus). Doa Malaikat Tuhan termasuk salah satu doa devosi yang ada dalam ajaran Katolik. Berikut sejarah dan doa Malaikat Tuhan (Angelus).(iStockphoto/Lemon_tm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Doa Malaikat Tuhan termasuk salah satu doa devosi yang ada dalam ajaran Katolik.

Doa malaikat Tuhan atau yang dalam bahasa latin dikenal sebagai Angelus untuk umat Katolik didoakan tiga kali sehari. Doa ini didoakan pada pukul 06.00, 12.00, dan 18.00 waktu setempat.

Apa sebenarnya doa malaikat Tuhan ini? Nama malaikat Tuhan diambil dari kata pertama doa asli dalam bahasa Latin, Angelus Domini nuntiavit Mariae yang diterjemahan sebagai Malaikat Tuhan yang menyampaikan kabar sukacita kepada Bunda Maria.


Sejarah doa Malaikat Tuhan

Mengutip Catholicism.org, sebelum tahun 1000, negara-negara Katolik memiliki kebiasaan untuk mendaraskan tiga kali doa Salam Maria sebagai bentuk penghormatan kepada Bunda Maria, Bunda Allah.

Doa ini dilantunkan menjelang malam saat bel biara lokal berbunyi sebagai tanda untuk melakukan compline (doa malam). Setelah doa malam, pastor akan berdoa tiga Salam Maria dan bermeditasi tentang misteri Inkarnasi.

Mengutip The Angelus Prayer, praktik melafalkan tiga Salam Maria itu tumbuh menjadi devosi yang lebih besar yaitu mendoakan Angelus di malam hari, kemudian di tahun-tahun berikutnya saat fajar, dan akhirnya di tengah hari.

Menara lonceng gereja dan biara lokal akan membunyikan lonceng tiga kali pada pukul 6:00 pagi, 12 siang hari, dan 6:00 sore. memanggil semua orang di sekitar untuk menghentikan aktivitas dan berdoa bersama Angelus. Dalam beberapa tahun terakhir, doa telah mendapatkan perhatian yang lebih besar melalui pidato Angelus hari Minggu oleh para paus, tetapi sejak Vatikan II hal itu tidak lagi dipraktikkan.

Doa Malaikat Tuhan atau doa Angelus ini, menjadi sebuah cara umat Katolik mengucapkan terima kasih kepada Tuhan dan juga Bunda Maria. Sekaligus memohon rahmat kekuatan bagi peziarah di bumi untuk untuk mendapatkan bagian dari kehidupan kekal di tanah air kami yang sejati dan abadi.

Doa Malaikat Tuhan (Angelus)

Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan, bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus.

Salam Maria ...

Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu.

Salam Maria ....

Sabda sudah menjadi daging, dan tinggal di antara kita.

Salam Maria ....

Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah, supaya kami dapat menikmati janji Kristus.

Ya Allah, karena kabar malaikat, kami mengetahui bahwa Yesus Kristus Putra-Mu menjadi manusia; curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salib-Nya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami. Amin.

(chs)

[Gambas:Video CNN]