Keith Hufnagel, Pendiri Label Streetwear 'HUF' Wafat

CNN Indonesia | Sabtu, 26/09/2020 08:50 WIB
Keith Hufnagel meninggal di usia 46 tahun setelah berjuang melawan kanker otak selama lebih dari dua tahun. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dunia olahraga papan luncur alias skateboarding kehilangan salah satu legendanya. Keith Hufnagel meninggal di usia 46 tahun setelah berjuang melawan kanker otak selama lebih dari dua tahun.

Kepergian Hufnagel diumumkan lewat akun Instagram Huf Worldwide, label streetwear besutan sang mendiang.

"Keith membuka jalan bagi kita semua - sebagai pemain skateboard profesional yang dihormati, pemilik toko, pendiri merk, perancang alas kaki dan pakaian, direktur kreatif dan pimpinan industri. Dia menunjukkan kepada kita bagaimana melakukannya, dan bagaimana melakukannya dengan benar," tulis Huf dalam unggahannya.


"Keith menyukai skateboard dan budaya di sekitarnya. Dia melakukan sesuatu dengan caranya dan melakukannya untuk alasan yang benar. Dia menginspirasi begitu banyak dari kita di seluruh dunia."

Hufnagel memulai kariernya di dunia skateboarding secara profesional pada 1986.

Dalam sebuah wawancara dengan Acclaim, ia menuturkan setelah 20 tahun menjalani karier profesional, ia mendirikan label HUF di 2002.

Label ini muncul di tengah publik dalam balutan toko papan luncur dan butik di kawasan San Francisco, AS.

Ia pun jadi skater profesional pertama yang meluncurkan label sendiri dan salah satu pemasok tren streetwear kala itu.

Saat wawancara dengan mantan skater Jimmy Gorecki, Hufnagel berkata dirinya menginginkan sesuatu yang lain setelah pensiun dari karier profesional.

Meski awal perkenalannya dengan papan luncur terjadi di New York, ia justru memilih San Francisco sebagai lokasi toko. Dia melihat kawasan ini kurang ramai label streetwear spesifik.

"Kami tidak punya rencana bisnis atau apapun. Kami cuma membuatnya ada dan ada cukup koneksi di dunia sneaker dan streetwear untuk membawa produk-produk yang tepat," kata Hufnagel mengutip dari WWD.

Dari skater untuk skater, HUF merambah pasar dan jadi pujaan. Bahkan label pun berkolaborasi dengan label besar termasuk Nike dan Adidas.

Melansir dari Sneaker Freaker, kolaborasi melahirkan Nike Air Max 1 'HUFquake' dan HUF x Nike SB Dunk High 'Tie-Dye'. Dengan Adidas, muncul kreasi ZX 500 'HUF'.

"Kami mencoba sesuatu yang berbeda. Saya berkeliling dunia dan mengunjungi toko papan luncur di semua tempat, dan saya merasa seperti itu tidak sekeren skateboarding dan label yang keluar dari skate," katanya.

Tak hanya meninggalkan kenangan, Hufnagel juga meninggalkan warisan besar di dunia skateboarding dan streetwear. Selamat jalan Hufnagel!

[Gambas:Instagram]

(els/ard)

[Gambas:Video CNN]