Kala Boneka Jadi Model Fashion Show Moschino

Tim, CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 14:49 WIB
Tak kehabisan akal, label mode Moschino menjadikan boneka-boneka kecil sebagai model dari peragaan koleksi teranyarnya dalam Milan Fashion Week. Ilustrasi. Tak kehabisan akal, label mode Moschino menjadikan boneka-boneka kecil sebagai model dari peragaan koleksi teranyarnya dalam Milan Fashion Week. (AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fashion show 'terkecil' hadir dalam gelaran Milan Fashion Week. Tak kehabisan akal, Moschino menjadikan boneka-boneka kecil yang menggemaskan sebagai model dari koleksi teranyarnya.

Di tengah pandemi Covid-19, banyak desainer harus memutar otak untuk memamerkan koleksi-koleksinya dengan cara yang tidak biasa. Mulai dari presentasi digital hingga pertunjukan langsung yang mengusung konsep physical distancing dipilih oleh para desainer.

Tapi, Moschino tak memilih keduanya. Alih-alih menghadirkan virtual fashion show, sang direktur kreatif Jeremy Scott justru memilih boneka sebagai medium untuk memamerkan koleksi Spring/Summer 2021 dengan menghadirkan miniatur peragaan busana, lengkap dengan para audiens yang juga merupakan boneka.


"Hal terbaik yang bisa saya lakukan untuk semua orang di masa stres akibat pandemi ini adalah memberikan hadiah fantasi dalam beberapa menit. Mari kita nikmati dunia mode kecil kita ini," ujar Scott, mengutip Vogue.

Dalam pertunjukannya kali ini, Scott terinspirasi oleh Theatre de la Mode, miniatur kreasi couture yang dibuat oleh para desainer Paris setelah Perang Dunia II demi menyelamatkan bisnis mereka dari kehancuran finansial.

Hasilnya, ada 40 busana yang membalut tubuh boneka berukuran 30 inci. Boneka-boneka ini tampil di atas catwalk buatan berlatar alunan violin. Lengkap pula dengan para audiens, termasuk boneka sosok Anna Wintour.

Setiap pakaian, kain, dan motif dibuat proporsional agar sesuai dengan dimensi boneka. Namun, Scott tetap menjaga agar sifat asli kain tetap dapat terlihat jelas.

Dalam proses pengerjaannya, setiap detail busana diaplikasikan Scott pada ukuran aslinya. Kemudian detail itu dibuat ulang dalam bentuk miniatur. "Semua [busana, aksesori] diperkecil hingga menjadi seukuran boneka," ujar Scott dalam wawancara bersama CNN.

Dalam show teranyarnya ini, Scott bekerja sama dengan pembuat boneka Jim Henson.

Hasilnya, berbagai gaun klasik berukuran 'mini' dipamerkan di sepanjang pertunjukan. Gaun elegan, rok tulle, jubah yang tampak anggun, kesemuanya hadir dalam balutan warna lembut seperti merah mudah, biru muda, hijau kacang polong, emas, dan hitam.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]