5 Tips Menjaga Haid Teratur dari GrabHealth

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 19:28 WIB
Penanganan haid yang tidak lancar menjadi wajib bagi wanita yang berada pada masa subur. Berikut cara melancarkan haid tanpa memberikan efek samping. Ilustrasi haid tidak lancar (Foto: iStockphoto/PixelsEffect)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian wanita mengalami masalah haid tidak lancar. Penyebabnya beragam, bisa karena ketidakseimbangan atau perubahan hormon atau gaya hidup yang kurang sehat.

Cara melancarkan haid pun bergantung pada penyebabnya. Meskipun demikian, kunci agar haid lancar adalah menjalankan praktik hidup sehat.

Periode menstruasi yang normal atau lancar terjadi ketika siklusnya 24 atau 38 hari. Sementara disebut tidak lancar ketika tidak menentu tiap bulannya. Bisa datang lebih cepat atau lambat.



Cara melancarkan haid

Penanganan haid yang tidak lancar sebenarnya tidak diperlukan pada perempuan yang masih puber atau yang sudah menopause. Namun menjadi wajib bagi wanita yang masih berada pada masa subur.

Berikut cara melancarkan haid yang bisa dicoba sekaligus menyehatkan tubuh, mengutip GrabHealth powered by GoodDoctor.

1. Menjaga berat tubuh ideal
Perubahan pada berat tubuh dapat memengaruhi periode menstruasi. Untuk itu, mengurangi berat badan jika sudah berlebih.

Sebaliknya, kekurangan berat badan juga tidak baik. Agar tidak kegemukan atau terlalu kurus, atur pola makan dengan porsi seimbang dan perbanyak makan sayur dan buah.

2. Olahraga
Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan haid karena banyak manfaat kesehatan yang ditimbulkan. Salah satunya untuk menangani polycystic ovary syndrome (PCOS) yang merupakan penyebab haid tidak lancar.

3. Konsumsi jahe
Jahe adalah tanaman toga yang bisa diandalkan untuk melancarkan haid. Selain itu, jahe bisa membantu mengurangi volume darah menstruasi pada kasus perdarahan berat, dalam Phytotherapy Research.

4. Kayu manis
Berdasarkan kajian American Journal Obstetrics & Gynecology kayu manis bisa jadi pengobatan yang efektif terhadap PCOS. Selain itu kayu manis juga bisa mengurangi nyeri dan perdarahan saat menstruasi.

5. Vitamin D
Sebuah kajian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebut vitamin D dapat menjadi cara melancarkan haid. Para peneliti mencatat jika haid yang tidak lancar ada kaitannya dengan kekurangan vitamin D.

Vitamin D biasanya terdapat dalam beberapa jenis makanan, termasuk susu dan produk olahannya. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari atau suplemen makanan lainnya.

Kajian lain yang diterbitkan Annals of Epidemiology menyebut vitamin B kerap diresepkan kepada perempuan yang mengandung dan bisa dipakai untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Meski demikian, masih butuh banyak penelitian mendalam untuk membuktikan hal ini lebih lanjut.

Itulah 5 cara melancarkan haid yang aman dan bisa dipraktikkan di rumah. Selalu jaga kesehatan menstruasimu supaya terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di aplikasi GrabHealth terkait segala macam keluhan kesehatan. Caranya, cukup buka aplikasi Grab dan pilih fitur GrabHealth.

(fef)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK