5 Kesalahan Masak yang Merusak Teflon

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/10/2020 20:14 WIB
Beberapa kesalahan saat memasak dapat membuat teflon mudah rusak. Ilustrasi. Beberapa kesalahan saat memasak dapat membuat teflon mudah rusak. (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peralatan masak dengan lapisan antilengket alias teflon memudahkan pengolahan makanan. Namun, beberapa kesalahan saat memasak justru dapat membuat teflon mudah rusak.

Senyawa polimer dengan nama politetrafluoroetilena (PTFE) dalam teflon ini membuat Anda tak perlu menggunakan banyak minyak untuk menggoreng. Tak sebatas menggoreng, teflon juga bisa digunakan untuk merebus makanan.

Namun, kemudahan serta manfaat ini bisa terus Anda nikmati asalkan teflon digunakan dengan benar. Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memasak dengan teflon.


1. Memanaskan tanpa minyak

Demi teflon yang awet, sebaiknya jangan pernah memanaskan alat masak dalam kondisi kosong atau tanpa minyak. Mengutip Good Housekeeping, kondisi ini bisa membuat teflon terlalu panas dan merusak lapisan teflon. Lapisan teflon yang rusak bakal membuat bahan makanan menempel pada alat masak.

"Jangan biarkan panci dipanaskan tanpa apa pun di dalamnya, atau ia akan mulai mengeluarkan gas. Pastikan ada sedikit lemak saat proses memanaskan. Titik asap minyak dan mentega lebih rendah dari suhu gas, jadi itu isyarat visual yang bagus saat Anda menggoreng terlalu panas," jelas Hannah Crowley, editor eksekutif di America's Test Kitchen, mengutip dari Eat This, Not That.

2. Memasak dengan panas berlebih

Meski serbaguna, tidak semua masakan layak menggunakan teflon sebagai alat masaknya. Aktivitas menumis atau membakar tidak disarankan menggunakan teflon karena bakal memicu panas tinggi. "Suhu ekstrem akan memperpendek umur panci dan melepaskan bahan kimia beracun ke udara," kata Crowley.

Karena tidak bisa digunakan untuk temperatur tinggi, maka Anda cukup menggunakan teflon untuk membuat telur orak-arik, pancake, atau masakan lain.

3. Penggunaan alat dari besi

Demi melindungi lapisannya, sebaiknya gunakan alat masak dari bahan selain besi. Usahakan menggunakan spatula atau sendok sayur yang ramah untuk teflon, misal dari bahan kayu atau silikon tahan panas.

"Anda seharusnya tidak pernah menggunakan bahan besi untuk teflon karena itu bakal menggores permukaan dan bisa mengakibatkan lapisan teflon lepas dan bercampur dengan masakan," kata koki Adam Merlin.

4. Memasak makanan dengan kandungan asam

Zat asam bisa cepat merusak permukaan teflon. Saat Anda menyiapkan makanan dengan bahan tomat dan lemon, sebaiknya pakai alat masak lain. "Makanan seperti ini bisa mempercepat penuaan teflon karena asam bisa mengakibatkan teflon menggelembung," jelas Warren Weekes, instruktur koki di Auguste Escoffier School of Culinary Arts.

5. Membersihkan dengan kasar

Membersihkan sisa makanan pada teflon terkadang terasa sulit. Anda harus menggosoknya dengan ekstra. Namun, usaha ini justru membuat teflon cepat rusak.

"Hindari pembersih yang berat, menggosok terlalu keras, ini bisa merusak lapisan di permukaan," kata Crowley.

Jika membersihkan dirasa sulit, sebaiknya rendam teflon terlebih dahulu dengan air hingga sisa makanan terangkat. Baru kemudian cuci teflon seperti biasa.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA