10 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Masa Pandemi Covid-19

tim, CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 16:45 WIB
Pandemi virus corona membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Namun, sebenarnya ada beberapa lapangan pekerjaan yang membutuhkan pekerja selama pandemi Pandemi virus corona membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Namun, sebenarnya ada beberapa lapangan pekerjaan yang membutuhkan pekerja selama pandemi (Istockphoto/MangoStar_Studio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi virus corona membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Namun, sebenarnya ada beberapa lapangan pekerjaan yang membutuhkan pekerja selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan data terbaru dari laman pencari kerja Jobstreet Indonesia, terdapat 10 pekerjaan atau posisi yang paling banyak dibutuhkan selama 6 bulan ke depan di masa pandemi Covid-19 ini.

"10 pekerjaan atau posisi ini berasal dari berbagai perusahaan atau pemberi kerja yang aktif mencari karyawan di situs tersebut. Survei Jobstreet terhadap pemberi  kerja menunjukkan 4 dari 5 perusahaan akan melakukan perekrutan dalam 6 bulan ke depan," kata kata Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim, saat memaparkan hasil survei pada Rabu (7/10).


Sekitar 32 perusahaan cenderung akan merekrut pencari kerja yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19.

Berikut 10 pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan selama pandemi Covid-19.

1. Sales/Customer Service

Sales dan customer service sangat dibutuhkan selama masa pandemi Covid-19. Sebanyak 27 persen perusahaan menawarkan posisi ini.

Perusahaan sangat membutuhkan orang yang mampu memasarkan produk mereka di masa pandemi ini.

Perusahaan juga mencari orang yang memiliki kemampuan sales dan customer service sekaligus pandai menggunakan teknologi dan sosial media mengingat semua aktivitas kini lebih banyak dilakukan secara onlin.

2. Admin & HR

Posisi admin dan human resources division (HRD) juga dibutuhkan selama masa pandemi. Sebanyak 27 persen perusahaan juga menawarkan posisi ini.

Kemampuan HRD yang dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pekerja sangat diperlukan oleh perusahaan.

3. Akuntan

Orang yang memiliki keahlian akuntansi juga dibutuhkan oleh perusahaan. Posisi akuntan tak mendapatkan banyak pengaruh karena Covid-19. Perusahaan tetap membutuhkan orang yang mampu mengelola dan mengaudit laporan keuangan.

Sebanyak 23 persen perusahaan merekrut posisi akuntan.

4. Engineering

Keahlian teknik pun masih dibutuhkan selama pandemi Covid-19. Sebanyak 21 perusahaan masih mencari orang dengan keahlian dibidang teknik dan keinsinyuran ini.

5. IT

Keahlian di bidang informasi dan teknologi juga dibutuhkan. Perusahaan mencari orang-orang yang mampu mengembangkan aplikasi dan website, serta membuat sistem yang dapat memudahkan pekerja bekerja dari rumah.

6. Marketing/PR

Bidang marketing dan public relation menempati posisi ke enam yang paling banyak dicari perusahaan. Sebanyak 18 persen perusahaan mencari orang menempati posisi ini.

7. Manufaktur

Keahlian manufaktur juga dicari oleh 15 persen perusahaan di Indonesia. Manufaktur adalah pengolahan bahan mentah menjadi suatu produk. Mayoritas, para pekerja bekerja di pabrik.

8. Manajemen

Level manajemen juga dicari 15 persen perusahaan. Kemampuan manajerial perusahaan diperlukan terutama di saat pandemi mengharuskan banyak pekerja work from home.

Pencari kerja mengisi aplikasi berkas lamaran pekerjaan di sebuah stan perusahaan pada bursa kerja di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (17/3). Bursa kerja diikuti sebanyak 70 perusahaan lokal dan nasional yang menyediakan ribuan lowongan pekerjaan di berbagai posisi mulai dari jenjang pendidikan SMP hingga sarjana. ANTARA FOTO/R Rekotomo/pd/17.Foto: ANTARA FOTO/R Rekotomo
ilustrasi

9. Transportasi & logistik

Peran transportasi dan logistik diperlukan saat masyarakat mengubah gaya hidup dengan menjadi lebih sering berbelanja secara online. Sebanyak 12 perusahaan membuka lowongan pada posisi ini.

10. Bank dan keuangan

Pekerjaan di bank dan keuangan juga dicari oleh 10 persen perusahaan.

"Ini adalah top 10 prediksi perusahaan yang mencari pekerja. Peluang itu masih ada. Secara pekerjaan sales dan CS memiliki persentase paling tinggi," tambahnya.

Selain dari segi posisi, terdapat 5 industri utama yang masih merekrut karyawan selama pandemi.  Industri pertama yaitu manufaktur/produksi dengan jumlah lowongan mencapai 5.273. Lalu diikuti dengan general trading/grosir, perbankan/layanan keuangan, ritel/merchandise, dan komputer/software.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]