Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Hias Janda Bolong

tim, CNN Indonesia | Jumat, 09/10/2020 14:26 WIB
Karakteristik janda bolong yang merupakan tumbuhan merambat, membuatnya dapat tumbuh dengan mudah. Karakteristik janda bolong yang merupakan tumbuhan merambat, membuatnya dapat tumbuh dengan mudah.(iStockphoto/Elena Odareeva)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias janda bolong jadi fenomena di masa pandemi Covid-19 lantaran harganya yang mencapai Rp100 juta dengan satu lembar daun dipatok Rp15 juta. Walaupun kini harganya mahal, janda bolong merupakan tanaman hias yang mudah dikembangbiakkan.

Janda bolong merupakan tanaman hias yang masuk dalam keluarga Monstera dan suku talas-talasan atau Araceae. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Monstera adansonii. Bentuk daun yang bolong-bolong menjadi daya pikat utama tanaman ini.

Karakteristik janda bolong yang merupakan tumbuhan merambat, membuatnya dapat tumbuh dengan mudah. Anda dapat memperbanyak daun janda bolong yang eksotis dengan cara yang mudah. 


"Dari sisi perbanyakannya juga tidak sulit dan tanaman ini termasuk yang cukup bandel," kata peneliti tanaman Araceae di LIPI, Yuzammi kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Mengembangbiakkan janda bolong dapat dilakukan dengan cara stek batang. Tanaman jenis Monstera, termasuk janda bolong dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Stek batang adalah memotong bagian batang lalu ditanam baru.

Berikut cara memperbanyak tanaman hias janda bolong

1. Dipotong bagian batang

Potong bagian batang janda bolong sekitar 20 cm dan tanam pada media gembur yang baru.

2. Lokasi yang tidak terkena matahari

Tanam pada media gembur yang berada pada tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.

3. Buat tempat merambat

Sebagai tanaman yang merambat, buat tempat merambat untuk janda bolong agar daun semakin banyak.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]