Alasan Mengapa Ikan Cupang Mengeluarkan Gelembung

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 20:02 WIB
Tak ada alasan pasti mengapa ikan cupang mengeluarkan gelembung. Namun beberapa alasan di antaranya karena ikan jantan bahagia, sehat atau siap reproduksi. Ilustrasi: Tak ada alasan pasti mengapa ikan cupang mengeluarkan gelembung. Namun beberapa alasan di antaranya karena ikan cupang jantan sedang bahagia, dalam kondisi sehat atau siap untuk reproduksi. (Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika Anda memilih untuk memelihara ikan cupang jantan dan suatu kali melihat ada buih pada permukaan airnya, maka tak perlu panik. Ada beberapa alasan yang membuat ikan cupang mengeluarkan gelembung.

Jadi, jangan langsung mengira bahwa akuarium Anda perlu dibersihkan atau akibat filter air yang bekerja terlalu keras. Sebab gelembung pada permukaan air ikan cupang adalah hal yang alami dan wajar terjadi.

Namun yang perlu diketahui, sebenarnya ikan cupang meniupkan gelembung itu dengan sengaja. Dikutip dari laman Animal, hal ini menandakan bahwa ikan cupang siap untuk mencari pasangan.


Karena itu langkah pertama ikan cupang jantan adalah membangun sarang gelembung sebagai tempat bertelur.

Ikan cupang jantan biasanya mulai membuat sarang gelembung setelah cukup umur untuk melakukan reproduksi, biasanya antara usia 8-12 minggu. Si jantan akan melakukannya secara cepat atau terkadang selama berjam-jam.

Gelembung yang dibuat dijadikan tempat berlindung yang aman untuk telur selama inkubasi hingga benih ikan cukup umur untuk berenang.

Dikutip dari Bettafish, sarang gelembung ini dibuat dengan cara menghirup udara dan meniup gelembung sekresi mulut (air liur) ikan cupang.

Namun ikan cupang jantan akan membuat buih tanpa mempedulikan ada atau tidaknya ikan cupang betina di sekitarnya. Perilaku ini merupakan indikasi kuat saja bahwa ikan cupang jantan peliharaan Anda ini sedang bahagia dan dalam kondisi sehat.

Sementara saat di alam liar, ikan cupang akan membangun sarangnya di bawah dedaunan atau jenis puing lainnya. Jika si betina hadir untuk kawin dan menganggap sarangnya cocok maka ikan cupang jantan akan membujuknya ke bawah sarang.

Setelah terjadi perkawinan, maka tugas ikan jantan adalah mengumpulkan telur dengan mulutnya dan memindahkannya ke sarang. Ikan cupang jantan akan menjaga telur-telur tersebut dan memastikan bahwa telur ini tidak jatuh dari sarangnya.

Telur yang menetas menghasilkan burayak atau ikan cupang muda. Burayak memiliki sel khusus di sepanjang tubuh mereka yang membuatnya tetap menempel pada sarangnya.

Alasan lain ikan cupang mengeluarkan gelembung adalah menganggap bahwa akuarium yang ia tinggali dianggap sebagai wilayah teritorinya dan tempat yang sehat untuk bertelur.

Secara umum, semakin sehat ikan cupang maka akan sering membangun sarang gelembung. Namun tak perlu khawatir juga jika si jantan jarang mengeluarkan buih.

[Gambas:Video CNN]

Cara Mendorong Ikan Cupang Membuat Gelembung

Apabila tertarik untuk membudidayakan ikan cupang, maka Anda perlu mempersiapkan trik supaya si teman kecil jantan ini membuat buih.

1. Menjaga kebersihan air dan akuarium.

2. Mempertahankan suhu air antara 25-27 derajat celcius.

3. Memasang tanaman terapung seperti indian almond leaves atau amazon frogbit.

4. Menggunakan filter air dengan aliran yang lembut.

5. Menghadirkan ikan cupang betina dalam satu akuarium. Namun untuk menaruh ikan betina ini harus dilakukan secara bertahap, yakni dengan dipisah terlebih dahulu dengan kaca pembatas. Sebab terlalu lama bercampur akan mengakibatkan ikan cupang jantan stres.

Itu tadi sejumlah alasan mengapa ikan cupang mengeluarkan gelembung. Jadi tak ada penyebab khusus ikan cupang melakukannya, semua terjadi begitu saja secara alami.

(auz/NMA)

[Gambas:Video CNN]