Hari Cuci Tangan Sedunia

Makna, Sejarah dan Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2020

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/10/2020 12:18 WIB
Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap 15 Oktober guna menyerukan betapa penting praktik sederhana ini untuk menangkal kuman dan infeksi penyakit. Ilustrasi: Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap 15 Oktober guna menyerukan betapa penting praktik sederhana ini untuk menangkal kuman dan infeksi penyakit. (Foto: Istock/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day diperingati setiap 15 Oktober. Tahun ini, perayaan hari cuci tangan berlangsung di tengah pandemi virus corona yang tengah melanda pelbagai negara.

Ajakan untuk menjaga kebersihan melalui cuci tangan dengan air mengalir dan sabun pun, menjadi kian relevan. Meski sejak mula, cuci tangan adalah praktik sehat yang dapat membantu Anda menyingkirkan kuman dan infeksi dari permukaan tangan.

Pencegahan melalui cuci tangan adalah metode yang bukan saja mudah melainkan juga efektif dan efisien menangkal penyakit. Belakangan, ketika virus corona mewabah, cuci tangan adalah salah satu pencegahan yang gencar digaungkan para ahli dan pemerintah.


Dikutip dari laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) peringatan hari cuci tangan ini menyoroti dan menyerukan pentingnya praktik ini bagi warga di seluruh dunia. Diperingati sejak 2008, tahun ini mengambil tema "Hand Hygine for All" atau kebersihan tangan untuk semua.

"Banyak kuman yang bisa membuat orang sakit jika kita tidak mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir. Itulah mengapa mencuci tangan sangat penting, terutama pada saat-saat penting seperti setelah menggunakan kamar mandi, saat menyiapkan makanan, sebelum makan dan setelah batuk, bersin atau membuang ingus," tulis pernyataan CDC di laman resminya.

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali diselenggarakan 12 tahun silam pada 2008. Pada saat itu, dikutip dari NDTV, jutaan anak di berbagai negara di seluruh dunia mencuci tangan dengan sabun. Dengan bantuan pelbagai organisasi, sumber daya disalurkan ke banyak negara.

Sementara cuci tangan yang tepat dan benar tak sekadar membasuh tangan dan mencucinya. Terdapat ketentuan agar kuman di permukaan tangan kita benar-benar tersingkir.

Infografis Langkah Cuci Tangan dengan BenarFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Langkah Cuci Tangan dengan Benar

Pertama, mulailah dengan membersihkan bagian atas tangan. Kemudian bersihkan punggung tangan, ujung jari, ibu jari, telapak tangan, pergelangan tangan dan bagian atas tangan Anda. Gosok tangan dengan sabun. Lalu putar keran untuk membilas dan keringkan dengan.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk mencuci tangan dengan benar.

Namun begitu, jika Anda memiliki akses terbatas terhadap air dan sabun, misalnya sedang di tengah perjalanan maka dapat menggunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]