6 Hal yang Harus Diperhatikan saat Akan Memakai Sheet Mask

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 01/11/2020 17:33 WIB
Kehadiran sheet mask menawarkan beberapa keunggulan untuk kulit. Meski mudah digunakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memakai sheet mask. Ilustrasi. Meski mudah digunakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memakai sheet mask. (Istockphoto/Evgeniy Skripnichenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dunia kecantikan memberikan tawaran produk perawatan kulit makin beragam. Kehadiran sheet mask menawarkan keunggulan berupa kulit lembap dan glowing dalam waktu sekejap.

Ahli dermatologi, Ricky Maharis menuturkan kondisi kulit berubah-ubah setiap hari, baik akibat faktor internal ataupun eksternal.

Faktor internal meliputi perubahan hormon, khususnya saat jelang menstruasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi paparan sinar ultraviolet, polusi, dan cuaca.


"Sebaiknya kita menjaga kulit, dirawat setiap hari di rumah, salah satunya dengan menggunakan sheet mask," ujar Ricky saat peluncuran sheet mask Oh K! secara virtual, Selasa (20/10).

Meski terbilang mudah digunakan, pemakaian sheet mask perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Pemilihan sheet mask perlu memperhatikan kebutuhan kulit. "Biasanya, sheet mask digunakan untuk kondisi tertentu, seperti habis terpapar sinar matahari. Nah, pakai sheet mask sesuai kebutuhan hari itu," ujar Brand Manager Oh K!, Nurhayatini, dalam kesempatan yang sama.

Ricky menambahkan, Anda juga perlu memperhatikan formulasi sheet mask. Jika baru saja memakai makeup, sebaiknya gunakan sheet mask dengan kandungan bahan aktif eksfoliator. Jika kulit kering, gunakan sheet mask dengan kandungan mentimun.

2. Kandungan bahan aktif

Tiap sheet mask mengandung bahan aktif yang saling berbeda satu sama lain. Hal ini pula yang akan menentukan frekuensi penggunaan sheet mask.

Umumnya, kata Ricky, ada dua jenis kandungan bahan aktif, yaitu bahan yang melembapkan dan mengekfoliasi.

"Sheet mask dengan acid [asam] bagus untuk eksfoliasi, tetapi ini tidak boleh digunakan tiap hari. Kalau yang melembapkan, bisa tiap hari," imbuhnya.

3. Persiapan

Sebelum memakai sheet mask, pastikan wajah dan tangan dalam kondisi bersih. Nurhayatini menyarankan untuk membersihkan riasan terlebih dahulu dengan pembersih, cuci muka, lalu gunakan sheet mask.

Banyak sheet mask sudah mengandung serum untuk kulit. Artinya, Anda tak perlu lagi menggunakan produk perawatan lain yang biasa Anda gunakan.

Setelah didiamkan menempel pada wajah selama 10-1 menit, angkat sheet mask dan akhiri perawatan wajah dengan menggunakan pelembap.

4. Waktu terbaik menggunakan sheet mask

Sebenarnya sheet mask bisa digunakan kapan pun. Namun, Ricky berpendapat, waktu terbaik untuk menggunakan sheet mask justru saat malam hari atau sebelum tidur.

"Kulit melakukan reparasi maksimal dengan menggunakan sheet mask, penetrasi bahan aktif baik [dan maksimal] lalu dikelola dengan baik di dalam kulit," jelas dia.

5. Tipe kulit

Tipe kulit akan sangat memengaruhi cara Anda menggunakan sheet mask.

Kulit yang cenderung kering akan memerlukan pelembap setelah penggunaan sheet mask. Pelembap akan mengunci kelembapan sehingga kulit terus terhidrasi dalam waktu lama.

Sedangkan pemilik kulit berminyak umumnya cukup terhidrasi hanya dengan sheet mask. Menggunakan pelembap setelahnya tidak menjadi hal yang wajib.

6. Kondisi wajah yang 'haram' pakai sheet mask

Meski bisa digunakan kapan pun sesuai kebutuhan, ada kondisi-kondisi tertentu di mana sebaiknya Anda menunda menggunakan sheet mask. Sheet mask tidak disarankan digunakan pada kulit dengan kondisi infeksi atau luka terbuka.

"Kulit ada infeksi jamur, herpes simplex. Gangguan-gangguan ini membuat kulit seperti ada luka atau koreng. Sebaiknya tunda dulu sheet mask-nya dan luka diobati dulu," kata Ricky.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK