'Wujud Asli' Naruto dalam Ramen

tim, CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 18:16 WIB
Selain sebagai nama karakter anime, Naruto juga dikenal sebagai salah satu topping pelengkap dalam semangkuk ramen. Naruto juga dikenal sebagai salah satu topping pelengkap dalam semangkuk ramen. (iStock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hubungan antara karakter anime Naruto dengan semangkuk ramen bukan hanya sebagai makanan favoritnya saja. Dalam panganan khas Jepang tersebut, nama Naruto sendiri dikenal sebagai salah satu topping pelengkap.

Irisan berwarna putih dengan garis warna merah muda di bagian tengah dikenal dengan sebutan Narutomaki. Topping ini biasanya menjadi salah satu pendamping dalam semangkuk ramen, terlepas dari potongan daging, irisan daun bawang, jamur serta ragam lainnya.

Untuk mengenal Narutomaki lebih dalam, berikut fakta-faktanya, seperti dikutip dari tsunagu Japan.


Apa itu Narutomaki?

Narutomaki adalah sejenis kamaboko atau surimi, yaitu kue ikan yang dibentuk dan biasa disajikan sebagai lauk atau pelengkap hidangan utama. Kue ikan ini bisa dibuat dari aneka seafood misalnya ikan, cumi-cumi, dan lainnya. 

Cara buat Narutomaki

Narutomaki paling sering ditemukan sebagai topping ramen, tetapi juga digunakan dalam salad, sup, oden, dibuat sebagai tempura, atau dimakan sebagai camilan.

Narutomaki kamabokoFoto: iStock
Narutomaki

Seperti kamaboko, Narutomaki terbuat dari ikan giling yang dicampur dengan putih telur dan garam. Bahan-bahan tersebut diaduk hingga menjadi adonan kental dan kemudian dibumbui, dibentuk, serta diberi warna.

Untuk Narutomaki, biasanya itu dibagi menjadi dua adonan. Satu dengan warna putih dan satu warna merah muda.

Setelahnya, kedua adonan itu dibentuk dan kemudian digulung menjadi satu menggunakan tikar bambu kecil atau yang biasa digunakan untuk menggulung sushi (makisu).

Pada hasilnya, itu akan membentuk gulungan panjang dengan pusaran warna merah muda.

Setelah siap, adonan dimasak dengan cara dikukus sebelum diolah kembali menjadi ragam masakan.

Asal-usul Narutomaki

Narutomaki tidak memiliki asal-usul yang jelas. Referensi pertama tentang Narutomaki muncul pada akhir abad ke-19, tetapi masih ditulis sebagai jenis kamaboko.

Awalnya, itu populer sebagai topping untuk soba (mie soba Jepang) dan tidak terkenal secara nasional di Jepang. Baru ketika menjadi topping ramen, Narutomaki mulai banyak dikenal.

Sementara namanya sendiri, konon terinspirasi dari bentuk pusaran air di Selat Naruto yang ada di antara Pulau Awaji (terletak di Laut Pedalaman Seto) dan Shikoku.

Pusaran warna merah muda dan putih di tengah kue ikan disebut melambangkan kekuatan dan keindahan air di Selat Naruto.

Salah paham dengan Naruto

Meski memiliki kesamaan nama, tapi sebenarnya Narutomaki dan karakter Naruto tidak memiliki ikatan sama sekali dalam cerita.

Hanya saja, kreator Mashashi Kishimoto, memang pada awalnya menemukan inspirasi bahwa Naruto adalah seorang anak laki-laki yang ingin magang di toko ramen. Namun, cerita dan karakter berevolusi dan diubah menjadi tentang ninja.

Dalam cerita Naruto, ramen pun digambarkan hanya sebagai salah satu makanan favorit Naruto, tentunya dengan tambahan kue ikan berwarna putih dan spiral berwarna merah jambu yang khas.

(agn/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK