Manfaat Buah Mangga, Tingkatkan Imun hingga Kaya Antioksidan

tim | CNN Indonesia
Rabu, 04 Nov 2020 09:42 WIB
Buah mangga tidak hanya enak dinikmati karena rasanya yang manis dan segar, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Buah mangga memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manfaat buah mangga tidak hanya enak dinikmati karena rasanya yang manis dan segar.

Buah mangga juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga kaya akan kandungan antioksidan.

Berikut manfaat buah mangga yang beberapa waktu belakangan sedang musim, sebagaimana dilansir Healthline.

1. Kaya antioksidan

measuring blood sugarKandungan mangiferin dalam mangga dapat melawan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan kanker dan diabetes. (Thinkstock/Maya23K)

Buah mangga dilengkapi dengan polifenol, senyawa tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan.

Buah tropis ini juga memiliki lebih dari selusin jenis antioksidan yang berbeda, termasuk mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, asam benzoat dan lainnya.

Antioksidan penting karena melindungi sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, senyawa yang sangat reaktif yang dapat mengikat dan merusak sel.

Penelitian telah mengaitkan kerusakan radikal bebas dengan tanda-tanda penuaan dan penyakit kronis.

Di antara polifenol, mangiferin adalah yang paling menarik dan kadang-kadang disebut "antioksidan super" karena sangat kuat.

Penelitian tabung reaksi dan hewan telah menemukan bahwa mangiferin dapat melawan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

2. Tingkatkan imunitas

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Satu buah mangga berukuran 165 gram setidaknya menyediakan 10 persen dari kebutuhan vitamin A harian.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Sementara itu, kekurangan vitamin A dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih besar.

Selain itu, jumlah mangga yang sama menyediakan hampir tiga perempat kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini dapat membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak sel darah putih yang melawan penyakit, membantu sel-sel ini bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit Anda.

Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B, yang juga membantu kekebalan tubuh.

3. Tunjang kesehatan jantung

Holding heart, verticalKandungan magnesium dan kalium dalam mangga dapat menunjang kesehatan jantung. (Istockphoto/Simarik)

Buah mangga juga mengandung nutrisi yang menunjang kesehatan jantung.

Kandungan magnesium dan kalium di dalamnya membantu menjaga denyut nadi yang sehat dan pembuluh darah Anda rileks, serta meningkatkan tingkat tekanan darah.

Selain itu, penelitian pada hewan menemukan bahwa mangiferin dapat melindungi sel jantung dari peradangan, stres oksidatif, dan apoptosis (kematian sel terkontrol).

Meskipun temuan ini menjanjikan, penelitian tentang mangiferin dan kesehatan jantung pada manusia saat ini masih kurang. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum dapat direkomendasikan sebagai pengobatan.

4. Tingkatkan kesehatan pencernaan

Mangga mengandung enzim amilase yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. (iStockphoto/Jan-Otto)

Mangga memiliki beberapa kualitas yang membuatnya menjadi primadona untuk kesehatan pencernaan.

Pertama, ia mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut amilase. Enzim ini memecah molekul makanan yang besar sehingga mudah diserap.

Amilase memecah karbohidrat kompleks menjadi gula, seperti glukosa dan maltosa. Enzim ini lebih aktif pada mangga matang.

Selain itu, karena mangga mengandung banyak air dan serat makanan, mangga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

Sebuah studi empat minggu pada orang dewasa dengan sembelit kronis menemukan bahwa makan mangga setiap hari lebih efektif dalam meredakan gejala kondisi daripada suplemen yang mengandung serat larut dalam jumlah yang sama.

Ini menandakan bahwa mangga memiliki komponen lain selain serat makanan yang membantu kesehatan pencernaan.

5. Tingkatkan kesehatan mata

close up of woman show her red sick eye with fingerMangga kaya akan nutrisi yang membantu kesehatan mata. (Istockphoto/dimarik)

Mangga juga kaya akan nutrisi yang membantu menunjang kesehatan mata.

Dua nutrisi utama yang berguna untuk mata adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin. Ini terakumulasi di retina mata - bagian yang mengubah cahaya menjadi sinyal otak sehingga otak dapat menafsirkan apa yang Anda lihat.

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, menyerap cahaya berlebih. Kandungan tersebut juga tampaknya melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

Selain itu, mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang mendukung kesehatan mata. Kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan mata kering dan kebutaan di malam hari.

6. Tingkatkan kesehatan rambut dan kulit

Young, brown haired woman  with voluminous hair.Beautiful model with long, dense, straight hairstyle and vivid makeup, is touching own hair with tenderness. Symbol of attentiveness to hair and good care of it. Incredibly dense, wavy,and shiny hair.Mangga meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. (Istockphoto/Sofia Zhuravets)

Kandungan vitamin C dalam mangga juga dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Vitamin ini penting untuk membuat kolagen - protein yang memberi struktur pada kulit dan rambut Anda. Kolagen membuat kulit Anda kenyal serta mencegah keriput.

Selain itu, mangga adalah sumber vitamin A yang baik, yang mendorong pertumbuhan rambut dan produksi sebum - cairan yang membantu melembabkan kulit kepala Anda agar rambut tetap sehat.

7. Menurunkan risiko kanker

Ilustrasi kanker payudaraIlustrasi kanker payudara. (iStock)

Kandungan polifenol dalam mangga dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif, yang terkait dengan berbagai jenis kanker.

Penelitian tabung reaksi dan hewan menemukan bahwa polifenol mangga juga menghentikan pertumbuhan atau menghancurkan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar, paru-paru, prostat, dan payudara

Mangiferin, polifenol utama dalam mangga, baru-baru ini juga menjadi sorotan karena efek antikanker yang menjanjikan. Dalam penelitian pada hewan, kandungan ini mengurangi peradangan, melindungi sel dari stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan sel kanker atau membunuhnya.

Sementara penelitian tersebut menjanjikan, tapi masih dibutuhkan penelitian pada manusia untuk lebih memahami efek antikanker mangga.

Selain untuk kesehatan, manfaat buah mangga juga berguna untuk melengkapi menu diet Anda karena kandungannya yang kaya akan serat.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER