Weekacura, Air Terjun Tengah Sawah di Sumba

CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2020 12:10 WIB
Air terjun Weekacura berada di tengah sawah dan menjadi salah satu sudut fotogenik di Desa Tema Tana, Sumba. Ilustrasi. (iStockphoto/christophe_cerisier)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bentang alam Sumba memang selalu membuat turis berdecak kagum. Selain air terjun Waingapu dan Waikabubak, pulau di Nusa Tenggara Timur ini juga memiliki air terjun Weekacura.

Lokasi air terjun Weekacura terbilang unik, karena berada di tengah sawah, tepatnya di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Air terjun ini berada satu kawasan dengan Waikelo Sawah yang berupa bendungan dan gua. Jangan sampai terkecoh saat mendatanginya.


Kedua tempat ini berjarak sekitar 20 menit perjalanan kendaraan bermotor.

Air terjun Weekacura berada di tengah sawah dengan kontur bertingkat. Tinggi tingkatnya tak sampai dua meter, namun bentuknya tetap rupawan.

Beberapa turis yang menulis di blog perjalanan dan unggahan foto di media sosial mengatakan kalau panorama undakan di air terjun itu lebih fotogenik saat difoto dari ketinggian menggunakan drones.

Dari ketinggian, undakan dan aliran air memang terlihat lebih jelas, begitu juga dengan air jernih berwarna bak biru turkis.

[Gambas:Instagram]

Dengan atau tanpa drone sebenarnya air terjun Weekacura tetap mengesankan.

Sepanjang perjalanan menuju ke sana, turis bisa sekaligus menyambangi Waikelo Sawah dan melewati sungai, sawah, bahkan gua dengan stalakmit dan stalakmit.

Datanglah bersama pemandu wisata atau warga lokal, sehingga kita bisa mengetahui area mana yang boleh direnangi dan yang tidak.

Tidak lupa, kenakan alas kaki yang nyaman karena banyaknya pijakan licin berbatu.

[Gambas:Instagram]



(ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK