Via Streaming dari Rumahnya, Sinterklas Sapa Penduduk Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 10/11/2020 12:50 WIB
Via video streaming dari rumahnya di Rovaniemi, Lapland Finlandia, Sinterklas menyapa penduduk dunia dan meresmikan dimulainya musim Natal. Kota Rovaniemi, Lapland Finlandia. (iStockphoto/Csondy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Natal secara resmi dimulai di Lapland Finlandia. Tapi seperti yang dijelaskan oleh 'Vanilla the Elf', pembukaannya terlihat sedikit berbeda tahun ini:

"Kami mengadakan pembukaan virtual musim Natal secara langsung dari Lingkaran Arktik," katanya, berdiri di tengah Desa Sinterklas dan berbicara melalui video streaming.

Bahkan Sinterklas langsung membahas pandemi virus Corona dalam pidato dimulainya musim Natal secara resmi:

"Tahun ini agak luar biasa dan sepertinya kita mungkin harus hidup dengan pandemi cukup lama. Namun kali ini kita dapat bersukacita dalam kenyataan bahwa Natal benar-benar tidak bisa datang pada waktu yang lebih baik, kita semua membutuhkan banyak kegembiraan dan kebahagiaan dalam hidup kita saat ini," katanya.



Desa Sinterklas terletak delapan kilometer di utara Rovaniemi, ibu kota Lapland Finlandia.

Pariwisata adalah bagian penting dari ekonomi kota, dengan lebih dari 500 ribu orang mengunjungi daerah itu setiap tahun, menurut dewan pariwisata setempat.

Natal adalah musim puncak, dengan banyak keluarga berkumpul di sini untuk bersorak meriah dan bertemu Santa.

Tetapi tahun ini, segalanya akan berbeda karena dunia masih berada dalam cengkeraman pandemi virus Corona.

Rovaniemi telah memperkenalkan langkah-langkah protokol kesehatan pencegahan COVID-19: masker, pembersih tangan, dan jarak sosial.

Kota ini juga akan membatasi jumlah pengunjung di setiap atraksi Natal.

Tetapi dengan perjalanan global yang dibatasi secara serius, hanya ada sedikit kemungkinan terjadinya keramaian turis.

"Jelas jumlah pelancong asing telah begitu besar selama beberapa tahun terakhir dan selama beberapa dekade. Sekarang faktanya adalah kami menghadapi pembatasan yang cukup serius dalam perjalanan. Itu tentu saja mempengaruhi jumlah semua pelancong asing di sini. Saya kira Rovaniemi akan sedikit berbeda tahun ini. Tapi penduduk Finlandia memiliki kesempatan untuk bepergian dan meramaikan tempat ini," jelas Sanna Kärkkäinen, Managing Director Visit Rovaniemi.

Wisatawan Inggris adalah pasar utama untuk Rovaniemi, serta wisatawan dari Prancis, Italia, dan Spanyol. Lebih jauh lagi, China, Singapura, Australia dan Amerika Serikat merupakan sumber pariwisata yang penting.

Biasanya, 50 hingga 60 ribu pengunjung akan menghabiskan setidaknya satu malam di kota selama musim Natal.

Tetapi tahun ini, pembatasan perjalanan global berarti hanya sedikit yang akan melakukan perjalanan internasional. Dan itu akan meninggalkan lubang besar di kantong ekonomi Rovaniemi.

Kärkkäinen mengatakan mereka mengharapkan hanya 10 hingga 15 persen dari jumlah pengunjung yang mereka sambut pada tahun lalu.

"Jika kita melihat kerugian pendapatan pariwisata di Rovaniemi itu sendiri, itu akan menciptakan kerugian seperti 200 juta euro, yang merupakan jumlah uang yang sangat besar," katanya.

"Dan tentu saja, pertanyaannya adalah apakah itu bisa digantikan oleh penduduk Finlandia yang melakukan perjalanan selama musim Natal dan liburan musim dingin dan kami ragu untuk itu, tentu saja, karena Finlandia adalah negara yang sangat kecil."

Pariwisata domestik mungkin hanya sedikit untuk menggantikan perdagangan yang hilang.

Ada juga harapan bahwa pembatasan perjalanan dapat mereda dalam beberapa minggu mendatang, memungkinkan beberapa pengunjung dari luar negeri untuk melintasi perbatasan.

Tetapi dengan begitu banyak ketidakpastian di bulan-bulan mendatang, dewan pariwisata tidak mengharapkan musim perjalanan penuh mungkin sampai Musim Gugur 2021 dan periode pra-Natal berikutnya.

Ini adalah situasi yang memiliki konsekuensi mengerikan bagi pekerjaan lokal.

"Yang sebenarnya sangat mengkhawatirkan, ini tentu saja pertanyaan tentang staf, karena saat ini, jika tidak ada pekerjaan yang tersedia, perusahaan tidak dapat mempertahankan staf mereka yang berharga. Jadi mereka akan diberhentikan selama tentu," kata Kärkkäinen.

Untuk anak-anak, mungkin kekhawatiran terbesar mereka adalah apakah pandemi akan menghentikan Sinterklas memberikan hadiah.

Tetapi Sinterklas sendiri memiliki beberapa kata yang meyakinkan.

"Kami di sini telah mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk Natal sembari menunggu perjalanan dari seluruh dunia dibuka lagi," katanya.

"Keajaiban Natal adalah ketika orang-orang memiliki pikiran bahagia," lanjutnya.

Dan di tahun yang menimbulkan kecemasan bagi orang tua dan anak muda, dia memiliki beberapa nasihat tentang bagaimana memiliki sedikit semangat Natal, tidak peduli apa yang sedang terjadi di dunia.

"Situasi di seluruh dunia saat ini merupakan situasi yang cukup istimewa, tetapi kita dapat menjadi dekat satu sama lain dengan cara baru seperti yang kita lakukan sekarang," katanya.

"Saya sedang berbicara dengan dunia sekarang melalui alat ini. Dan itulah yang dapat Anda lakukan juga, Anda dapat menemukan cara baru untuk berhubungan dengan orang yang Anda cintai dan dengan teman Anda. Anda dapat dekat satu sama lain. Itu membuat kita gembira. Dan juga, kapan pun memungkinkan, berjalan-jalan sebentar ke alam. Itu membantu."

Rovaniemi meluncurkan musim Natal pada 7 November dengan acara streaming langsung.

Finlandia telah mencatat lebih dari 17 ribu kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan 361 kematian, menurut Universitas John Hopkins.


[Gambas:Instagram]



(AP/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK