5 Tanda Persalinan Sudah Dekat

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/11/2020 07:01 WIB
Ibu hamil perlu mengenali tanda-tanda persalinan sudah dekat agar penanganan yang tepat segera didapat. Ilustrasi. Ibu hamil perlu mengenali tanda-tanda persalinan sudah dekat agar penanganan yang tepat segera didapat. (Istockphoto/ Srisakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persiapan fisik dan mental sangat penting diperhatikan saat mendekati hari perkiraan lahir (HPL). Salah satu yang perlu diperhatikan ibu hamil adalah dengan mengenali tanda-tanda persalinan sudah dekat.

Pada umumnya, persalinan ditandai dengan munculnya kontraksi. Namun, kehadiran kontraksi palsu atau braxton hicks membuat banyak ibu hamil justru kebingungan membedakannya.

Persalinan sendiri merupakan usaha untuk mengeluarkan janin dari dalam rahim. Hal ini menjadi kerja sama antara kontraksi rahim, pembukaan leher rahim, penurunan kepala bayi, dan kapasitas jalan lahir.


Persalinan normal terjadi saat usia kehamilan 37-42 minggu. Persalinan yang terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu disebut dengan pesalinan prematur. Sedangkan persalinan yang melebihi usia kehamilan 42 minggu disebut pos-matur atau lewat waktu.

Persalinan yang sudah dekat umumnya ditandai dengan beberapa hal berikut, mengutip Hai Bunda.

1. Nyeri perut hilang timbul semakin sering

Kondisi ini merupakan perasaan mulas atau sakit perut yang hebat, yang semakin sering terjadi karena kontraksi. Biasanya, kontraksi ini muncul lebih dari 3 kali dalam 10 menit dengan durasi lebih dari 40 detik. Dalam kondisi ini, ibu hamil tak bisa berjalan seperti biasa akibat rasa sakit yang tak tertahankan.

2. Bloody show

Bloody show merupakan lendir darah yang keluar dari area kemaluan. Kondisi ini terjadi akibat plak mulus yang tersumbat, akan keluar saat leher rahim membuka.

3. Rasa ingin buang air besar

Kepala bayi yang sudah mencapai dasar panggul bakal menekan refleks di bagian anus. Hal ini menimbulkan rasa ingin buang air besar pada ibu hamil jelang persalinan.

4. Ketuban pecah

Ketuban pecah ditandai dengan keluarnya air dari kemaluan secara terus menerus. Selama masa kehamilan, cairan ketuban berguna untuk menunjang tumbuh kembang janin, mengatur suhu tubuh di dalam rahim, dan membantu janin untuk melewati jalan lahir.

Dalam kondisi ini, ibu hamil disarankan untuk tidak panik. Minta pertolongan pada keluarga dan segera datangi fasilitas kesehatan.

5. Pimpin meneran

Pimpin meneran merupakan kondisi saat ibu menggunakan seluruh tenaganya mendorong bayi keluar dari kemaluan. Salah satu tandanya adalah saat ibu terdorong untuk mengejan dan membuka liang anus.

Mengenali tanda-tanda persalinan sudah dekat membantu ibu hamil mendapatkan penanganan yang tepat.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK