7 Cara Ampuh Agar Seks 'Tahan Lama'

tim, CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 22:02 WIB
Untuk memiliki hubungan seks yang bertahan lama, ada beberapa cara yang dapat dicoba mulai dari bermeditasi hingga rutin olahraga. Cara memiliki hubungan seks yang bertahan lama, meditasi hingga olahraga. (iStockphoto/Tom Merton)
Jakarta, CNN Indonesia --

20 menit? 30 menit? Berapa waktu yang biasa Anda butuhkan untuk menghabiskan waktu intim berdua dengan pasangan?

Karena bukan 'quicky sex' atau sekadar 'one night stand' tentu Anda menginginkan seks yang lama sehingga memungkinkan eksplorasi hal baru, menjajal posisi di luar biasanya atau sekadar mewujudkan fantasi terpendam.

Hanya saja kadang ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan sehingga seks cuma berlangsung dalam hitungan menit. Namun, ini tidak akan berlangsung terus-menerus jika Anda coba mempraktikkan cara-cara berikut:


1. Jauhkan distraksi

Tidak ada yang salah dengan menjadwalkan hubungan seks. Kadang seks spontan sepulang kerja hanya menyisakan rasa lelah sehingga performa tidak terlalu maksimal.

Saat dijadwalkan, Anda dan pasangan bisa menjauhkan distraksi sebisa mungkin, termasuk pekerjaan dan tanggung jawab yang mesti diselesaikan. Saat distraksi makin minim, sesi 'ranjang' pun bisa lebih lama.

"Memberi waktu di antara pertemuan atau kewajiban lain akan membuat Anda merasa terburu-buru dan dapat berdampak negatif pada pengalaman tersebut," kata Tamika K. Cross, dokter spesialis kandungan, seperti dikutip dari Cosmopolitan.

2. Tidak hanya penetrasi

Tiap orang punya definisi berbeda akan seks. Namun, ingat satu hal bahwa seks tidak hanya penetrasi.

Dari awal eksplorasi tubuh masing-masing, hujani si dia dengan ciuman, pijatan dan apapun yang membuat Anda berdua merasa makin dekat.

Sesi 'pemanasan' ini bahkan membuat Anda sedikit lupa dengan penetrasi yang cuma berlangsung sebentar. Kemudian kepuasan seks tidak selamanya terletak pada orgasme.

3. Latihan kesadaran

Calm female executive meditating taking break at work for mental balance, mindful businesswoman feeling relief and no stress doing yoga at work ignoring avoiding stressful job and paperwork in officeIlustrasi meditasi. (iStockphoto/fizkes)

Tidak jarang wanita kecewa karena ejakulasi terjadi begitu cepat. Artinya, wanita mesti bersabar menunggu hingga pasangan bisa kembali 'bertempur'.

August McLaughlin, penulis Girl Boner: The Good Girl's Guide to Sexual Empowerment, mengatakan bahwa melatih kesadaran (mindfulness) dan pernapasan bisa membantu memperlambat ejakulasi.

"Gunakan aplikasi untuk memandu meditasi sekali sehari, misalnya, atau coba makan dengan kesadaran penuh, di mana Anda fokus pada rasa makanan dan tekstur sembari menghindari distraksi seperti ponsel Anda," paparnya.

4. Libatkan sex toys

Buat sebagian pasangan, penggunaan mainan seks alias sex toys mungkin seperti 'selingkuh' dengan alat elektronik. Namun pada kenyataannya, sex toys bisa menambah sensasi bahkan bisa membantu mencapai orgasme.

Goda si dia dengan vibrator, misalnya, sementara matanya ditutup. Anda pun bisa bermain dengan borgol mainan atau cukup gunakan dasi untuk mengikat tangannya.

5. Coba untuk out of the box

Untuk pasangan yang sudah lama bersama, seks seperti rutinitas dan berlangsung nyaris membosankan. Tidak heran kadang seks cuma berlangsung sebentar seperti menjalankan kewajiban.

Sebaiknya tambahkan hal-hal baru yang belum pernah Anda dan pasangan coba. Posisi baru mungkin patut dicoba di luar posisi yang biasanya.

"Makin canggung dan tidak familiar, makin baik," kata Jane Greer, terapis keluarga dan ahli hubungan.

6. Berikan kesempatan kedua

Siapa bilang seks berakhir saat si dia ejakulasi? Barangkali ini tidak bisa dilakukan semua pasangan, tetapi terapis perkawinan Lisa Thomas merekomendasikan untuk mulai lagi beberapa menit setelah pasangan ejakulasi.

"Banyak pria mengalami kepekaan yang kurang selama ereksi kedua," katanya.

Bersabar saja selama beberapa menit atau sembari lakukan foreplay. Lakukan dengan relatif cepat dan Anda bisa mendapatkan sesi yang lebih baik daripada yang pertama.

7. Dorong pasangan untuk berolahraga

Beautiful muscular girl doing exercise at the flat.Ilustrasi olahraga. (iStockphoto/MilanMarkovic)

Hubungan seks memerlukan kondisi tubuh fit termasuk area genitalia. Untuk wanita, sangat disarankan untuk latihan kegel untuk menguatkan otot dasar panggul.

Ini akan membantu wanita mengontrol orgasme. Selain latihan kegel, coba saja yoga dan pilates. Akan lebih menyenangkan jika dilakukan berdua.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK