8 Cara Mengatasi Gairah Seks Menurun

tim, CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 11:33 WIB
Gairah seks menurun cukup lumrah terjadi dalam kehidupan bercinta, berikut cara mengatasi gairah seks yang menurun. Gairah seks menurun merupakan hal lumrah yang terjadi dalam kehidupan bercinta. (iStockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gairah seks menurun cukup lumrah terjadi dalam kehidupan bercinta. Penyebabnya ada berbagai hal, mulai dari faktor kondisi fisik hingga psikologis, atau perpaduan keduanya.

Namun, Anda tak perlu berlarut-larut memikirkan penyebabnya dan coba cari cara mengatasi gairah seks menurun tersebut.

Berikut beberapa cara mengatasi gairah seks menurun, sebagaimana dilansir Healthline.


1. Makan buah-buahan

Sedikit bukti yang mendukung keefektifan makanan tertentu, tetapi tidak ada salahnya bereksperimen.

Buah pisang dan alpukat, misalnya, dianggap sebagai makanan peningkat libido atau juga dikenal dengan sebutan afrosidiak.

Di sisi lain, makanan ini juga menyediakan vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan meningkatkan kehidupan seks yang sehat.

2. Makan cokelat

Close up of young beautiful woman biting chocolate candy.Ilustrasi makan coklat. (Istockphoto/skynesher)

Sepanjang sejarah, cokelat telah menjadi simbol gairah. Bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi karena kekuatannya untuk meningkatkan kenikmatan seksual.

Menurut sebuah penelitian, cokelat mendorong pelepasan phenylethylamine dan serotonin ke dalam tubuh Anda. Ini dapat menghasilkan beberapa efek afrodisiak dan meningkatkan suasana hati.

Menurut penelitian lain, efek cokelat pada seksualitas mungkin lebih bersifat psikologis daripada biologis.

3. Bawang putih dan daun kemangi

Saat memutuskan makan malam romantis, tambahkan sedikit kemangi atau bawang putih ke hidangan Anda. Aroma kemangi merangsang indra. Bawang putih mengandung allicin tingkat tinggi, dan meningkatkan aliran darah.

Efek dari bawang putih juga dapat membantu pria dengan disfungsi ereksi.

4. Tingkatkan kepercayaan diri Anda

Young woman with arms in the air giving thumbs up.Ilustrasi percaya diri. (Istockphoto/kieferpix)

Perasaan Anda tentang tubuh memengaruhi perasaan Anda tentang seks. Pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga dapat menyebabkan citra diri Anda buruk.

Hal-hal ini dapat membuat Anda enggan berhubungan dan menikmati seks.

Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri dan dorongan seks dengan mengalihkan fokus dari kekurangan diri. Anda juga bisa lebih fokus pada kesenangan yang dialami saat berhubungan seks.

5. Minum segelas wine

Dua gelas wine mungkin terlalu banyak. Minum segelas wine dapat membuat Anda merasa nyaman dan meningkatkan minat Anda untuk menjadi akrab.

Jangan lupa bahwa terlalu banyak alkohol dapat merusak kemampuan Anda untuk tampil dengan memengaruhi fungsi ereksi. Selain itu, terlalu banyak alkohol juga dapat menghambat kemampuan Anda untuk orgasme.

6. Meditasi

Shot of an attractive young woman practicing yoga at homeIlustrasi meditasi. (Istockphoto/PeopleImages)

Tidak peduli seberapa sehat Anda, stres akan memengaruhi gairah seks Anda. Wanita sangat rentan terhadap efek stres pada kehidupan seks seseorang.

Pria, di sisi lain, terkadang menggunakan seks untuk menghilangkan stres. Dan terkadang perbedaan dalam pendekatan seks dapat menimbulkan konflik.

Untuk menghilangkan stres, ikuti aktivitas olahraga, praktik tai chi, atau kelas yoga.

7. Cukup tidur

Mereka yang gaya hidupnya sibuk, tidak selalu punya waktu untuk tidur yang cukup. Kesibukan juga membuat Anda sulit meluangkan waktu untuk bercinta.

Orang yang menyeimbangkan pekerjaan dengan merawat orang tua yang menua atau anak kecil sering kali merasa lelah, yang dapat menyebabkan dorongan seks berkurang.

Tingkatkan energi dan dorongan seks Anda dengan tidur siang ketika bisa dan makan makanan sehat tinggi protein dan rendah karbohidrat.

8. Jaga hubungan Anda tetap terkendali

Setelah Anda bertengkar dengan pasangan, kemungkinan besar Anda sedang tidak mood untuk berhubungan seks.

Bagi wanita, merasakan kedekatan emosional penting untuk keintiman seksual. Itu berarti konflik yang belum terselesaikan dapat memengaruhi hubungan seksual Anda.

Komunikasi sangat penting untuk membangun kepercayaan dan untuk mencegah kebencian berkembang.

Meskipun Anda melakukan pendekatan alami dalam melakukan cara mengatasi gairah seks menurun, ada baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter.

Dokter dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mendasarinya dan mungkin menyarankan beberapa strategi untuk meningkatkan kesehatan seksual.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK