Cara Bangun Tidur yang Tepat untuk Jantung Lebih Sehat

tim, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 05:04 WIB
Pakar menyebut cara bangun tidur dengan gerakan mendadak berbahaya bagi kesehatan jantung. Bagaimana cara Anda bangun tidur dari kasur? Apakah langsung bangun tidur mendadak seperti orang kaget? Atau langsung bangun perlahan usai terlentang?(Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagaimana cara Anda bangun tidur? Apakah langsung bangun tidur mendadak seperti orang kaget? Atau langsung bangun perlahan usai telentang?

Hati-hati jika Anda biasa bangun dengan cara yang mendadak ini. Eka Sukma Putra, Founder Eka Sukma Yoga di Bali mengungkapkan bahwa bangun tidur dengan cara ini bisa berbahaya untuk jantung.

"Cara bangun tidur yang tidak benar bisa membebani jantung, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia," ucapnya.


"Kalau Anda tahu ada beberapa kasus orang yang terkena serangan jantung, ini salah satu penyebabnya. Jantung belum siap untuk gerakan yang mendadak pascatidur."

Lalu bagaimana cara bangun tidur yang aman dan baik?

Eka mengungkapkan cara terbaik adalah dengan mulai berbaring ke sisi sebelah kanan tubuh. Kemudian tangan kanan diangkat ke atas dan diletakkan di bawah kepala sebagai bantalan kepala.

Kemudian secara perlahan posisikan tangan kiri ke bagian depan dada. Dengan posisi tegak lurus dengan dada, tekan tangan ke kasur sebagai tumpuan tubuh untuk mulai bangun. Secara perlahan angkat tubuh seiring dengan tumpuan tangan.

Kemudian duduk sebentar sebelum akhirnya ambil posisi untuk berdiri.

"Ini mirip dengan gerakan yoga. Tapi semuanya harus dilakukan dengan mindfullness sehingga ke tubuh efeknya bagus dan bisa menyehatkan."

Tak dimungkiri, bangun tidur dengan gerakan yang terlalu cepat bisa menyebabkan sakit kepala atau migran mendadak dan merusak mood pagi hari Anda. 

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK