Tren Kencan yang Diprediksi Bakal Naik Daun di Tahun 2021

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 08:12 WIB
Proses mencari cinta kian meningkat di tengah pandemi. Dari sana, muncul tren-tren kencan yang diprediksi bakal naik daun di tahun 2021 mendatang. Ilustrasi. Ada beberapa tren kencan yang diprediksi bakal naik daun di tahun 2021. (Istockphoto/franckreporter)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi tampaknya jadi cerita yang baru bagi kaum jomlo. Proses mencari cinta kian meningkat di tengah situasi serba tak pasti ini. Peristiwa ini tak ayal memunculkan berbagai tren kencan yang diprediksi bakal naik daun di tahun 2021 mendatang.

Banyak ikatan spesial yang terbentuk dan berkembang di masa pandemi ini. Data yang dimiliki OkCupid, terjadi peningkatan 280 persen pengguna yang melakukan kencan virtual pada April lalu dibandingkan bulan sebelumnya.

Ya, saat hubungan fisik tak lagi bisa menjadi pilihan utama, banyak orang yang mulai berkencan secara virtual.


Tahun 2020 akan segera berakhir. Lewat tren yang terbangun selama pandemi ini, OkCupid menganalisis perubahan dalam konsep menjalin hubungan pada 2021 mendatang, seperti berikut.

1. Mencari hubungan serius

Data dari OkCupid menunjukkan penurunan sebesar 20 persen dari pengguna yang hanya mencari hubungan main-main atau short-term relationship. Sementara itu, sebanyak 43 persen pengguna justru menginginkan hubungan jangka panjang hingga ke jenjang pernikahan.

2. Advodating atau mencari pasangan berpola pikir kritis

Advodating merupakan gabungan dari kata 'advocate' dan 'dating', atau merujuk pada pencarian pasangan berdasarkan kesamaan pola pikir atas berbagai hal.

Pada tahun lalu, lebih dari 310 ribu pengguna OkCupid mengatakan bahwa sebagian besar kalangan perempuan muda menganggap diri mereka sebagai pribadi yang kritis. Sementara itu, di Indonesia terdapat 31 persen pengguna yang mengidentifikasi diri mereka sebagai individu yang kritis. Hal ini mungkin disebabkan oleh semakin terbukanya informasi dan semakin banyaknya wadah untuk menyuarakan pendapat.

"Dengan lebih dari dua juta tanggapan atas pertanyaan baru kami tentang kesetaraan ras, kami yakin tren mencari pasangan dengan sudut pandang yang sama dan memiliki pola pikir kritis akan meningkat pada 2021," tulis OkCupid, dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (19/11).

3. Berbagi pandangan politik dengan pasangan

Informasi yang mudah tersebar membuat banyak dari kita kerap terpapar isu-isu terhangat, utamanya politik. Di Indonesia, 46 persen pengguna mengaku senang jika bisa berbagi pandangan politik dengan pasangan.

"Kami berpikir dengan adanya pola tersebut, tren berikutnya yang mungkin terjadi ialah semakin besarnya orang Indonesia yang terbuka akan hal-hal baru," ujar OkCupid.

4. Virtual dating

Lebih dari 150 ribu pengguna mengaku, selama pandemi mereka lebih senang melakukan kencan secara virtual.

Data di Indonesia menunjukkan, 37 persen responden menjalani kencan virtual dengan chatting, 33 persen melakukan video chatting, dan 19 persen berkomunikasi melalui ponsel pintar.

Tak cuma itu, sebuah tren terbaru juga hadir mewarnai kehidupan perkencanan semasa pandemi, yaitu kencan virtual sambil menyantap makan malam dan minum.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK