World Kids Carnival dari Jember Digelar saat Pandemi Covid-19

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 19:59 WIB
Jember Fashion Carnaval menggelar World Kids Carnival yang diikuti oleh anak-anak dari seluruh dunia, di tengah pandemi Covid-19. Jember Fashion Carnaval menggelar World Kids Carnival yang diikuti oleh anak-anak dari seluruh dunia. (Dok: Arsip Jember Fashion Carnaval)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jember Fashion Carnaval (JFC) menggelar karnaval online yang diikuti oleh anak-anak dari seluruh dunia, World Kids Carnival (WKC) 2020 di tengah pandemi Covid-19. WKC bakal disiarkan secara live streaming dari lima benua pada Minggu (22/11).

World Kids Carnival merupakan gelaran pertama yang menjadi bagian dari rangkaian Jember Fashion Carnaval 2021.

"Berhubung dengan ketiadaan acara JFC tahun ini, jadi manajemen memprakarsai WKC dengan tujuan untuk memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan dan menciptakan perdamaian sedini mungkin," kata Event Director JFC Bubah Alfian dalam konferensi pers WKC secara virtual, Kamis (19/11).


Acara ini bakal diisi dengan parade anak-anak berusia 5-12 tahun dari 12 negara di lima benua. Anak-anak tersebut akan mengenakan kostum dengan pesan perdamaian di masa pandemi Covid-19.

Tidak hanya itu, WKC disampaikan juga menjadi ajang perkenalan seni dan budaya dari setiap negara. Beberapa negara yang ikut serta di antaranya seperti Filipina, Jepang, Kanada, Afrika Selatan, Senegal, dan Australia.

"Di masa pandemi ini kami mencoba membuat karya untuk menyampaikan pesan yang sangat kuat yakni perdamaian di masa pandemi," kata Deputi Event Director JFC Budi Setiawan.

Nantinya, anak-anak berbakat dari setiap negara itu akan unjuk gigi secara bergantian. Mereka tampil dari satu tempat yang sama di masing-masing negara.

Pihak penyelenggara mengatakan akan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada anak-anak yang terlibat dan juga kru yang bertugas.

JFC digelar pada 2021

World Kids Carnival akan menjadi acara pembuka untuk rangkaian Jember Fashion Carnaval yang bakal digelar pada 6-8 Agustus 2021. Bubah menyatakan JFC bakal menghadirkan karnaval yang spektakuler setelah absen pada tahun ini karena pandemi Covid-19.

"Pada acara puncak akan memberikan warna baru dengan membuat parade lebih berbeda, lima kali lebih spektakuler," kata Bubah.

Bubah kemudian mengatakan bahwa pelaksanaan JFC dipersiapkan untuk digelar secara langsung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau misalnya sudah pulih akan mengundang semua negara. Juga akan ada parade dan show yang melibatkan publik figur," ungkap Bubah.

Selain JFC, ada pula penghargaan Dynand Fariz Awards untuk mengenang pendiri JFC dan eksibisi dari 150 selebriti di Indonesia.

(ptj/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK