5 Makanan untuk Kulit Glowing, Pepaya hingga Semangka

tim, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 09:20 WIB
Selain menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, makanan juga bisa membantu kulit glowing. Berikut makanan untuk kulit glowing: Selain menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, makanan, termasuk semangka, juga bisa membantu kulit glowingFoto: (iStockphoto/fotosipsak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki kulit bersinar atau glowing telah menjadi dambaan bagi sebagian orang. Selain menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, makanan juga bisa membantu kulit glowing. Berikut makanan untuk kulit glowing.

Sejak dulu, buah-buahan telah dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan dan kulit.

Berikut 5 makanan untuk kulit glowing, sebagaimana dilansir Skinkraft:


1. Jeruk

Ilustrasi Buah jerukIlustrasi buah jeruk. (Daria-Yakovleva/Pixabay)

Asupan harian Vitamin C wajib untuk kulit bercahaya atau glowing. Minyak alami yang ada dalam jeruk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, membuatnya terlihat kencang.

Vitamin C dikenal untuk membantu produksi kolagen, yang membuat kulit Anda kencang dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Tinggi vitamin C dan antioksidan, jeruk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, meminimalkan kerusakan DNA. Ini juga memperlambat penuaan dini.

2. Pepaya

ilustrasi pepayaFoto: iStockphoto/ansonmiao
Ilustrasi pepaya.

Carica papaya atau biasa disebut pepaya, adalah bahan pelembab alami yang membantu menjaga kelembapan dan kelembutan kulit Anda saat digunakan secara topikal.

Kaya vitamin A, C dan B, buah ini terbukti efektif menjaga kesehatan kulit yang baik. Pepaya juga dapat meningkatkan sistem pencernaan Anda dan mencegah sembelit. Buah ini pun membantu membersihkan kulit Anda.

Studi menunjukkan bahwa pepaya juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Lemon

Ilustrasi buah lemonIlustrasi buah lemon. (Raw Pixel)

Lemon populer digunakan di sejumlah produk perawatan kulit. Dari krim anti jerawat hingga losion anti penuaan, buah jeruk ini dapat mencegah sejumlah masalah kulit.

Kaya vitamin C, lemon dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi, dan jaringan parut. Lemon juga merupakan pemutih alami yang juga membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan tan.

Mengatasi sejumlah masalah kulit, bahan ini dapat dijadikan bagian wajib dari rangkaian perawatan kulit Anda.

4. Semangka

ilustrasi potongan semangkaIlustrasi semangka. (iStockphoto/DeeNida)

Selain menyegarkan, buah semangka juga menjadi makanan untuk kulit glowing. Semangka kaya akan serat dan tentu saja air.

Buah ini mengandung 92 persen air, yang berarti membantu kulit terhidrasi, lembut dan kenyal. Tidak hanya itu, semangka juga mengandung Vitamin C, A, B1, B6 dan likopen yang penting dalam meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit secara keseluruhan.

Vitamin C membantu mengurangi munculnya garis halus dan kerutan. Vitamin A dan B berkontribusi untuk menjaga tekstur kulit yang merata. Likopen bertindak sebagai pembersih radikal bebas, mencegah kerusakan jaringan di kulit Anda.

Radikal bebas bertanggung jawab atas peningkatan peradangan kulit yang memicu sejumlah masalah kulit. Bagian terbaiknya - semangka tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol.

5. Mentimun

Ilustrasi MentimunIlustrasi mentimun. (Kaz/Pixabay)

Sama seperti semangka, mentimun juga berguna untuk membuat kulit terhidrasi. Bagian utama dari mentimun adalah air, yang memiliki efek pendinginan pada tubuh dan kaya akan antioksidan.

Kulit mentimun mengandung Vitamin C dan Vitamin K, yang sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Selain lima jenis tersebut, makanan untuk kulit glowing juga termasuk nanas, mangga, stroberi, alpukat, dan sebagainya.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK