Persembahan untuk Barli Asmara di Pembukaan JFW 2020

tim, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 18:51 WIB
Panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 bakal dibuka dengan peragaan busana khusus untuk mengenang mendiang desainer Barli Asmara pada Kamis (26/11) mendatang. Ilustrasi. JFW 2020 suguhkan Tribute to Barli Asmara di hari pembukaan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 bakal dibuka dengan peragaan busana khusus untuk mengenang mendiang desainer Barli Asmara pada Kamis (26/11) mendatang.

Acara yang diberi tajuk Tribute to Barli Asmara ini merupakan bentuk persembahan untuk kiprah desainer yang meninggal dunia pada 27 Agustus lalu. Leslie Tobing, Creative Director label Barli Asmara, didapuk untuk memimpin pertunjukan spesial tersebut.

Leslie mengungkapkan bahwa pertunjukan untuk Barli ini akan dibagi dalam dua sekuens.


"Sekuens pertama merupakan koleksi arsip Barli dari 2008 hingga saat ini. Sekuens kedua merupakan penghormatan. Daripada bersedih, kami memilih untuk merayakan semangat Kak Barli yang sangat passionate," kata Lesli dalam konferensi pers Jakarta Fashion Week x Mandiri Private Tribute to Barli Asmara, Selasa (24/11).

Pada sekuens pertama, tim memilih 24 koleksi masterpiece atau terbaik Barli Asmara untuk dipamerkan kembali. Busana ini dipilih berdasarkan koleksi-koleksi yang dimuat dalam buku Lima Belas Warsa Barli Asmara Berkarya di Antara Gemerlap Ornamentasi.

Dari data tersebut, tim mengurasi kembali dengan memilih busana-busana terbaik dari setiap koleksi.

Leslie mengaku bahwa demi menyuguhkan dan menemukan mahakarya Barli tersebut, ia harus membongkar kembali gudang penyimpanan.

"Ada banyak sekali baju yang kami sendiri belum pernah lihat. Tantangannya, ada beberapa gudang dan kami harus membongkar itu semua. Ada beberapa baju yang berjamur, kotor, dan rusak. Itu juga harus kami perbaiki," tutur Leslie.

Di sekuens kedua, pertunjukan tersebut akan menyuguhkan tampilan koleksi terbaru dari label Barli Asmara. Hal ini guna menunjukkan bahwa label Barli Asmara akan tetap ada dan membawa semangat sang desainer. Sama seperti sekuens pertama, pentas ini juga akan diperlihatkan 24 koleksi dalam  tajuk Dance de la Vida.

"Tahun 2020 ini merupakan tahun paling produktif Barli Asmara. Sampai saat ini ada 10 koleksi ready to wear. Yang terbaru, ada koleksi kolaborasi bersama Vira Tandia yang juga akan menjadi muse di show nanti," ungkap Leslie.

Leslie menyebut Vira Tandia merupakan sosok influencer kesayangan Barli dan memiliki gaya yang sangat merepresentasikan sang desainer.

Peragaan busana Tribute to Barli Asmara akan dilangsungkan secara virtual pada Kamis (26/11) mendatang pukul 19.30 WIB di jfw.tv.

(ptj/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK