5 Cara Memilih dan Menyajikan Lobster

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 19:35 WIB
Sebelum dinikmati, Anda perlu tahu cara memilih dan menyajikan lobster yang tepat. Ilustrasi. Sebelum dinikmati, Anda perlu tahu cara memilih dan menyajikan lobster yang tepat. (Pixabay/PDPhotos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak cuma nikmat, tapi lobster juga jadi salah satu makanan kaya nutrisi. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat memilih dan membeli lobster.

Lobster menjadi salah satu sumber protein yang baik. Satu lobster umumnya mengandung 26,9 gram protein.

Anda bisa meraciknya menjadi apa pun, baik dengan cara direbus ataupun dipanggang. Namun, sebelum memasaknya, Anda perlu tahu cara memilih dan membeli lobster segar yang tepat. Berikut mengutip Food Republic.


1. Ada dua jenis lobster

Ada lobster dengan cangkang keras dan cangkang lunak. Saat lobster terasa lebih lunak, itu berarti lobster dengan cangkang lunak. Daging di dalam cangkang akan terasa sedikit lebih manis dan nikmat untuk disantap.

Berbeda dengan lobster bercangkang keras, yang umumnya sedikit lebih amis.

2. Perhatikan bagian cakar

Bagian tubuh lobster-terutama cakar-memiliki warna merah cerah. Pada lobster yang baru berganti cangkang, cakar akan terlihat bersih. Berbeda dengan lobster yang belum berganti cangkang, cakar akan hadir dengan sedikit goresan.

3. Bau tak masalah

Bau tak jadi masalah yang harus diperhatikan. Lobster seharusnya tidak mengeluarkan bau apa pun saat masih hidup.

4. Cepat disajikan

Jangan tunggu terlalu lama, Anda disarankan untuk segera menyajikan lobster untuk disantap. Pasalnya, lobster akan mulai mengonsumsi nutrisi yang mereka miliki sendiri segera setelah keluar dari air.

Lobster akan mulai menggunakan kelebihan protein dan lemaknya saat berada di lingkungan yang tidak dapat memberinya makan untuk bertahan hidup. Jadi, itu-lah mengapa penting untuk segera memasaknya saat lobster keluar dari laut agar Anda tak kehilangan nutrisinya.

5. Mengukus lebih baik

Mengukus lebih baik daripada merebus. Dengan cara dikukus, daging akan terasa sedikit lebih manis.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK