Mengenal Imunomodulator dan Manfaatnya untuk Sistem Imun

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 20:50 WIB
Pandemi Covid-19 membuat kata imunomodulator populer dan banyak digunakan. Apa itu imunomodulator? Bagaimana manfaatnya untuk sistem imun? Ilustrasi. Pandemi Covid-19 membuat kata imunomodulator populer dan banyak digunakan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 membuat kata imunomodulator populer dan banyak digunakan. Apa itu imunomodulator? Dan apa manfaat imunomodulator untuk sistem imun?

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

"Artinya, dengan mengonsumsi imunomodulator, maka akan mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, dr Inggrid Tania dalam konferensi pers, Kamis (27/11).


Inggrid menjelaskan, imunomodulator bekerja dengan dua cara, yakni imunostimulan dan imunosupresif.

Imunostimulan adalah senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun. Imunostimulan diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi.

Imunostimulan banyak terdapat pada herbal seperti ekstrak ginseng, saffron, jinten hitam, kunyit, sambiloto, bawang putih, jahe, pegagan, temulawak, dan sebagainya. "Beberapa contoh imunomodulator herbal seperti jahe merah, kunyit, temulawak memiliki sifat imunostimulasi, anti-radang, memelihara sistem pencernaan, dan aman untuk jangka panjang" kata Inggrid.

Sedangkan imunosupresif adalah senyawa yang digunakan untuk menekan respons imun. Biasanya, imunosupresif digunakan untuk meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, dan mencegah penolakan transplantasi. Imunosupresif biasanya sudah dikemas dalam bentuk obat-obatan.

Imunomodulator bekerja untuk mengembalikan sistem imun sehingga memberikan manfaat yang besar untuk tubuh. Berikut manfaat imunomodulator.

1. Memperkuat daya tahan tubuh

2. Melawan berbagai patogen seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit di dalam tubuh

3. Menyembuhkan sejumlah penyakit ringan seperti demam, batuk, gangguan pencernaan

4. Mencegah berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular, stroke, penyakit ginjal

5. Melindungi sel dan organ seperti jantung, paru-paru, hati, otak

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK