5 Minuman Terbaik untuk Diabetes

Tim, CNN Indonesia | Senin, 30/11/2020 12:13 WIB
Minuman dapat memengaruhi orang dengan diabetes. Berikut pilihan minuman yang baik untuk diabetes. Ilustrasi. Beberapa minuman baik untuk orang dengan diabetes. (Edan Cohen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya makanan, minuman juga bakal mempengaruhi kondisi orang dengan diabetes. Oleh karena itu, konsumsi minuman yang baik untuk diabetes.

Sejumlah minuman mengandung gula sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah orang dengan diabetes. American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori agar tak melonjakkan gula darah.

Memilih minuman yang tepat dapat membantu menghindari efek samping, mengelola gejala, dan menjaga berat badan.


Berikut 5 minuman yang baik untuk diabetes.

1. Air putih

Air putih adalah pilihan terbaik penderita diabetes. Pasalnya, air putih tidak akan menaikkan kadar gula darah. Minum air yang cukup juga membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine.

Salah satu tips yang bisa dicoba untuk penderita diabetes ketika bosan dengan air putih adalah menambahkan lemon, jeruk, mint, dan stroberi ke dalam air putih untuk memberikan aroma dan rasa yang segar.

2. Teh

Konsumsi teh tanpa gula, baik itu teh hijau, teh hitam, maupun teh herbal. Dikutip dari Health Line, studi menunjukkan, teh tanpa gula memiliki efek positif mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

Alih-alih menambahkan gula, Anda bisa menambahkan potongan lemon atau leci ke dalam teh Anda.

3. Kopi

Studi ADA menunjukkan, minum kopi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe-2. Konsumsi kopi tanpa gula, susu, krim, maupun es krim karena dapat meningkatkan gula darah Anda.

4. Jus sayur

Pilih jus sayur sebagai alternatif. Sayuran memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menjaga organ pada orang dengan diabetes.

Kombinasikan sejumlah sayuran seperti sayuran berdaun hijau, seledri, timun, dan tomat.

5. Susu rendah kalori

Pilih susu tanpa pemanis dan rendah lemak untuk konsumsi harian. Susu mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Selain mengonsumsi minuman yang baik, hindari pula minuman yang mengandung pemanis, soda, dan juga minuman yang tinggi kalori. Minuman-minuman ini dapat meningkatkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK