Yang Perlu Diketahui soal Hubungan Seks setelah Melahirkan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 23:03 WIB
Banyak pasangan yang bertanya-tanya tentang berhubungan seks setelah melahirkan. Akankah tetap menyenangkan? Ilustrasi. Banyak pasangan yang bertanya-tanya tentang berhubungan seks setelah melahirkan. (Istockphoto/dima_sidelnikov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kehidupan setelah melahirkan akan jauh berbeda dibandingkan sebelum memiliki anak, termasuk juga kehidupan seks. Banyak pasangan bertanya-tanya tentang berhubungan seks setelah melahirkan.

Berikut hal-hal yang harus diketahui tentang berhubungan seks setelah melahirkan.

1. Kapan dapat berhubungan seks setelah melahirkan?

Tidak ada aturan baku mengenai kapan seseorang boleh berhubungan seks setelah proses persalinan. Hanya Anda dan pasangan yang dapat mengetahui kapan waktu terbaik untuk kembali berhubungan seksual.


Bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Pastikan kondisi istri sudah benar-benar pulih setelah persalinan.

2. Apakah hubungan seks setelah melahirkan selalu menyenangkan?

Jawabannya, tidak. Namun, jangan berkecil hati jika hubungan seks pertama kali setelah persalinan tidak berhasil atau menimbulkan rasa tidak nyaman. Setiap tubuh punya mekanisme yang berbeda-beda. Kenali tubuh Anda dan komunikasikan dengan pasangan.

Konsultasikan dengan dokter jika masih merasa sakit saat berhubungan pasca-melahirkan.

3. Mengapa berhubungan seks tidak nyaman setelah melahirkan?

Ibu yang melahirkan secara normal atau melalui vagina umumnya merasakan sakit atau tidak nyaman saat berhubungan kembali. Umumnya, perasaan ini muncul karena takut atau trauma setelah proses persalinan yang sakit dan melelahkan.

Menurut konsultan uroginekologi NHS, dr Suzy Elneil, rasa sakit umumnya membaik dengan sendirinya setelah 6-12 minggu pasca-persalinan. Perbanyak latihan panggul untuk memperkuat panggul saat berhubungan seks.

Selain rasa sakit, perubahan hormon juga ikut mempengaruhi hubungan seks setelah melahirkan. Hormon cenderung membuat vagina lebih kering daripada biasanya sehingga berhubungan seksual akan lebih sakit. Tambahkan rangsangan atau gunakan pelumas untuk memberikan cairan tambahan dan mencegah rasa sakit.

Hormon umumnya akan kembali stabil setelah berhenti menyusui dan menstruasi kembali.

4. Bagaimana berhubungan seks setelah operasi sesar?

NHS menyarankan untuk melakukan aktivitas ringan pasca-operasi karena dapat menurunkan risiko penggumpalan darah. Berhubungan seks sebaiknya dilakukan setelah minggu ke enam.

Pastikan Anda dan pasangan dapat berhubungan dengan nyaman setelah melahirkan melalui operasi sesar.

5. Apakah dorongan seks akan berubah setelah melahirkan?

Dikutip dari Metro UK, perubahan dorongan seks setelah melahirkan adalah normal. Perubahan itu akan membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Perbanyak komunikasi dengan pasangan untuk meningkatkan kualitas hubungan, termasuk hubungan seksual.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK