Masuk Jalur Operasi Tangkap Teroris, TN Lore Lindu Ditutup

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 14:21 WIB
Lokasi Taman Nasional Lore Lindu berada berada di jalur operasi personel Satgas Tinombala yang sedang melakukan pengejaran terhadap teroris MIT Poso. Pemandangan di Danau Tambing. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu memutuskan untuk menutup sementara akses kunjungan untuk wisata dan penelitian sejak 30 November 2020.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Jusman, mengatakan bahwa penutupan sementara karena alasan keamanan, terkait kasus penyerangan oleh orang tak kenal (OTK) yang diduga kuat adalah teroris MIT Poso terhadap empat warga transmigrasi di Desa Lembantongoan, Kabupaten Sigi, yang menewaskan empat orang pada Jumat pekan lalu.

Akses masuk ke salah satu objek wisata alam yang populer di sana, yakni Danau Tambing, juga ikut ditutup.


Jusman mengatakan, kawasan Danau Tambing yang terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, berada di jalur operasi personel Satgas Tinombala yang sedang melakukan pengejaran terhadap teroris MIT Poso.

"Kami sudah mendapat arahan dari Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Ditjen KSDAE untuk menutup sementara kawasan Danau Tambing demi keamanan dan keselamatan bersama," kata Jusman seperti yang dikutip dari ANTARA pada Selasa (1/11).

Danau Tambing selama ini banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara karena keindahan alamannya.

Berada pada ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut, menjadikan Danau Tambing magnet kedatangan wisatawan ke Taman Nasional Lore Lindu.

Selain panorama danaunya yang indah, lokasi itu juga sangat cocok untuk wisata pengamatan beragam spesies burung.

Ada sekitar 270 jenis burung di kawasan ini, dan 30 persen di antaranya adalah satwa endemik.

Danau Tambing juga membuka area berkemah untuk kegiatan wisata dan penelitian.

Hingga saat ini belum diketahui lebih lanjut waktu pembukaan kembali objek wisata Danau Tambing.

[Gambas:Instagram]



(ANTARA/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK