Menyambangi Sawah dari Hotel Mewah di Ciawi

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 20:50 WIB
Salah satu hotel mewah di Ciawi tak hanya ingin membuat tamu rebahan di dalam kamar, karena ada sawah dan kebun mini yang juga bisa dikunjungi. Pemandangan Gunung Gede dari balkon kamar Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention. (CNNIndonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebelum pandemi virus Corona melanda dunia, liburan akhir tahun selalu dinanti. Tak sedikit turis Indonesia yang melancong ke luar negeri, terutama ke destinasi wisata bersalju, untuk menikmati Natal dan Tahun Baru.

Sayangnya, tahun ini gerbang pariwisata internasional masih banyak yang ditutup. Tapi turis Indonesia tak perlu bersedih hati, karena masih banyak destinasi dan kegiatan wisata di Tanah Air yang bisa dilakukan selama masa wisata akhir tahun.

Jika staycation menjadi pilihannya, maka Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention mungkin bisa menjadi jawabannya.


Walau letaknya tak begitu jauh dari Jakarta, namun keasrian alam khas Puncak masih bisa dinikmati dari kamar hotel.

Didesain oleh konsultan arsitektur ternama Wimberly Allison Tong & Go (WATG) dari Singapura dan konsultan desain interior P49 Design & Associates serta konsultan pencahayaan dari Light Wise Associates dari Thailand, Pullman Ciawi menerapkan desain kontemporer yang menyatu dengan alam.

Selain arsitekturnya yang dibangun serba tinggi dan lebar, hotel seluas 14 hektare dengan ketinggian 600 mdpl ini juga punya banyak fasilitas dan layanan wisata yang membuat tamunya bukan cuma bisa rebahan nyaman di kamar.

Salah satu yang menarik perhatian ialah sawah dan kebun mungil yang berada di dekat area vila.

Dari balkon kamar, sawah dan kebun seluas sekitar dua hektare menjadi pemandangan utama selain Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango.

Pihak Pullman Ciawi bekerjasama dengan warga lokal untuk mengelola sawah dan kebun ini. Yang ditanam mulai dari padi, sawi, jahe, kunyit, tomat, sampai daun mint. Sebagian hasil panennya juga digunakan untuk kebutuhan dapur hotel.

Pemandangan Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & ConventionArea menuju sawah dan kebun mini. (CNNIndonesia/Ardita Mustafa)
Pemandangan Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & ConventionPemandangan sawah dan kebun mini. (CNNIndonesia/Ardita Mustafa)

Tamu bisa mendaftarkan diri untuk menikmati sesi jalan pagi di area ini, selain juga adanya kegiatan bersepeda atau berkunjung ke taman rusa yang ditawarkan, yang merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Vimala Hills Villa & Resort, sebuah kawasan hunian premium ramah lingkungan yang terintergasi dengan hotel.

Di dekat area sawah dan kebun, terdapat juga area taman yang tenang dan teduh yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Gemericik air dari kolam ikan dan angin sepoi-sepoi bisa dinikmati di sana.

Arsitektur ramah lingkungan nyatanya bukan sekadar jargon dari Pullman Ciawi.

"Sebagai bentuk tanggung jawab dari pembangunan resor untuk menjaga kelestarian lingkungan, kami berusaha untuk memperbanyak lahan terbuka hijau dari awal pembangunan berlangsung. Selain untuk membuat area resor lebih hijau, hal ini dimaksudkan sebagai media untuk menjaga ekosistem alam yang ada di area Ciawi. Dengan banyaknya area hijau, tentu akan mengundang makhluk hidup disekitar untuk singgah dan berinteraksi sehingga timbullah simbiosis mutualisme di antara mereka," kata General Manager Pullman Ciawi, Gilles Tressens, kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (1/12).

"Selain itu, area umum resor juga didesain dengan memiliki banyak ruang terbuka agar sirkulasi udara baik dan juga mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Di setiap kamar juga dilengkapi dengan area balkon yang ketika pintu akses ke balkon terbuka, pendingin ruangan secara otomatis akan berhenti."

Gilles Tressens, General Manager Pemandangan Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention.Gilles Tressens, General Manager Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention.

"Terakhir, area resor kami juga merupakan salah satu area penyerapan yang merupakan bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah mengingat DKI Jakarta yang seringkali mendapati banjir kiriman dari daerah Bogor," lanjutnya.

Dalam rangka liburan akhir tahun, Pullman Ciawi membuka kembali restoran otentiknya, yakni Mad Cow Vimala Hills, yang sebelumnya sempat ditutup selama PSBB Jawa barat.

Di restoran ini tamu bisa menikmati menu steak dan grill sama seperti disajikan di jaringan Pullman dunia.

Mad Cow juga membuka paket makan malam Natal dan Tahun Baru yang dibanderol mulai dari Rp 310 ribu per paket, yang berlaku dari tanggal 18 - 25 Desember 2020.

Bermalam sambil makan enak dalam protokol kesehatan yang ketat di tengah keasrian alam sudah pasti membuat hari semakin gembira menatap tahun 2021.

(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK