ULASAN PENGINAPAN

Resor Mewah yang Diapit Dua Gunung di Ujung Jakarta

CNN Indonesia | Selasa, 13/10/2020 16:50 WIB
Semakin banyak tempat penginapan baru di Puncak, Jawa Barat. Salah satunya resor yang punya tiga kolam renang ini. Tipe kamar Presidential Villa. (Dok. Pullman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dulu kawasan Puncak lebih sering dipandang sebelah mata untuk wisata alam. Saat ini, di tengah pandemi virus corona dan pembatasan perjalanan, daerah pegunungan yang masuk Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, itu kian dilirik oleh turis, terutama yang berasal dari DKI Jakarta.

Ada banyak tempat penginapan di Puncak, sebagian besar berupa vila dengan arsitektur "jadul". Sejak beberapa tahun belakangan ini, semakin beragam tempat penginapan yang dibangun, salah satunya ialah Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention.

Berada di kawasan pemukiman baru yang dikenal dengan nama Vimala Hills, eksistensi hotel ini cukup mengagetkan banyak orang, karena tidak ada yang mengira bahwa merk internasional jaringan Accor bisa buka cabang di Puncak.


Ekpektasi saat bermalam di Pullman Ciawi bisa dibilang tinggi, karena seperti yang ada di Thamrin, Central Park, atau Bali, hotel ini sudah pasti menawarkan pengalaman menginap di tengah bangunan yang artistik dan fasilitas serta layanan yang nomor wahid.

Pullman Ciawi tak jauh dari pintu keluar gerbang tol Ciawi. Jika sudah melihat ada kedai kopi Starbucks di sisi kanan, Anda tinggal belok dan masuk ke komplek Vimala Hills. Konsep 'hotel di dalam perumahan' pasti membuat batin bertanya 'di mana letak liburan di Puncak-nya?'

Tapi jangan keburu patah hati, karena saat masuk ke lobi hotel, hawa liburan pasti langsung terasa. Langit-langit yang tinggi, lorong yang luas, dinding dari batu alam, serta karya seni yang dipajang di tengah meja dan rak kayu mengantarkan kesan tersebut.

Di hari biasa, tamu bisa langsung check-in di meja resepsionis. Jika sedang ramai, silakan menunggu di area balkon dengan sofa-sofa berukuran besar dan empuk. Perpaduan abu-abu, hitam, dan putih yang menjadi garis besar palet warna yang membuat hotel terasa kian megah ini.

Setelah urusan check-in selesai, tamu bisa langsung masuk ke kamar. Sebelum masuk ke area kamar, tamu pasti melihat area kolam terbuka dengan pijakan kaki di tengahnya. Gemericik air dan suara dedaunan di area yang digunakan untuk sesi yoga itu mengiringi langkah kaki menuju kamar.

Pullman Ciawi Vimala Hills.Area lobi. (Dok. Pullman)

Perlu fokus untuk menghapal letak kamar dari lobi menuju kolam renang atau restoran, karena hotel ini dibangun tanpa memusnahkan kontur tanah alaminya, sehingga menyusuri lorong menuju kamar bak mendaki gunung melewati lembah. Cukup hapalkan letak lobi di lantai lima dan letak lift terdekat dari kamar. Staf hotel juga akan memberikan peta area bagi tamu agar tak tersesat.

Ada tujuh jenis kamar yang disediakan Pullman Ciawi, mulai dari Deluxe, Executive, Deluxe Garden Access, Deluxe Pool Access, Suite, Executive Suite, Studio Villa dengan satu sampai tiga kamar tidur, dan Presidential Villa.

Bagi yang ingin work from hotel atau bulan madu, mungkin bisa menghindari kamar yang dekat dengan area kolam renang, karena lalu lalang tamu yang datang bersama anak-anaknya pasti bakal membuat suasana ekstra ramai.

Pemandangan area di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention. (Dok. Pullman)Kamar tipe Suite. (Dok. Pullman)

Dan bagi yang tamu yang sekaligus ingin merokok mungkin bisa memesan kamar dengan teras atau balkon karena ada larangan merokok di dalam kamar.

Jika datang dengan keluarga besar, kamar tipe Studio Villa atau Presidential Villa tentu bisa dipilih. Tapi, kamar tipe Suite, Executive Suite yang seluas 55 meter persegi juga tak kalah nyaman, karena memiliki ruang tamu besar dan balkon yang lebar.

Sentuhan tropikal minimalis tetap terasa sampai di kamar Pullman Ciawi, berikut dengan penataan interior nan apik. Kaum rebahan pasti senang berlama-lama berada di kasur atau sofanya yang empuk sembari membuka pintu atau jendela, menikmati angin yang bertiup semilir dari Gunung Salak dan Gunung Pangrango - ini juga menjadi alasan untuk memesan kamar dengan balkon.

Jauh dari mana-mana bukan berarti urusan perut menjadi masalah kala bermalam di sini. Sejatinya, ada empat restoran dan bar yang dibuka di Pullman Ciawi, yakni; Damar Restaurant, Mad Cow, Salak Bar & Lounge, serta Padi Pool Bar. Sayangnya, pandemi virus corona masih menahan tiga tempat terakhir untuk dibuka.

Jika telah dibuka, Mad Cow, Salak Bar & Lounge, serta Padi Pool Bar sangat menarik untuk dikunjungi. Mad Cow ialah restoran bawaan dari setiap hotel Pullman yang ada di seluruh dunia, jadi kalau punya kesempatan menikmati menunya pasti sangatlah mengesankan. Jangan khawatir, beberapa menu dari Mad Cow masih bisa dipesan di Damar Restaurant.

Pemandangan area di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention. (Dok. Pullman)Area makan di Damar Restaurant. (Dok. Pullman)

Lalu Salak Bar & Lounge dan Padi Pool Bar berupa area makan minum yang disertai bar. Meski belum menjual variasi wine, namun bisa pemandangan lembah kala malam pasti membuat pengalaman kongko tetap seru.

Kualitas makanan di Pullman Ciawi sudah pasti tak terbantahkan. Mulai dari menu Barat sampai Asia disajikan dengan rasa yang betulan enak di lidah, mulai dari steak, dim sum, pasta, atau bahkan nasi timbelnya.

Bagi yang malas keluar hotel hanya untuk makan di restoran kala pandemi virus corona, bersantap di Pullman Ciawi bisa jadi pelipur lara. Harga tiap menunya juga terbilang murah untuk ukuran makan di hotel bintang lima.

Pemandangan area di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention. (Dok. Pullman)Padi Pool Bar. (Dok. Pullman)

Di pagi hari, tamu bisa menikmati beragam wisata alam khas Puncak, seperti bersepeda atau berkuda. Pihak hotel menyediakan sepeda gratis untuk keliling area hotel, sementara untuk berkuda harus merogoh kocek lagi. Tamu yang membawa anak kecil juga bisa mengajak mereka ke ruang permainan.

Area spa dan fitness masih ditutup karena pandemi virus corona. Namun tiga kolam renang di hotel ini tetap dibuka.

Tiga kolam renang dengan tiga pemandangan yang berbeda, tapi yang paling favorit ialah kolam renang tanpa batas dengan pemandangan langsung ke lembah.

Pemandangan area di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention. (Dok. Pullman)Salah satu dari tiga area kolam renang yang ada. (Dok. Pullman)

Kalau ingin berkeringat, Pullman Ciawi juga membuka area lembahnya yang dihuni persawahan dan perkebunan milik hotel dan warga untuk didatangi tamu. Merasakan sinar matahari pagi dari tepi tanaman padi yang menghijau pasti membuat momen 'liburan di Puncak' terasa lebih lengkap.

Bagi kaum rebahan, sehabis sarapan dan leyeh-leyeh di balkon sembari menatap dua gunung yang menyembul malu-malu di antara kabut juga sah-sah saja dilakukan.

Dekat dari Jakarta bukan berarti mengecewakan, karena staycation di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention bisa dibilang sebuah kemewahan yang diganjar dengan selusin keistimewaan dan kenyamanan.

Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention juga menyediakan ruang pertemuan untuk mereka yang ingin menggelar pesta pernikahan atau rapat dalam skala kecil dengan protokol kesehatan yang terjamin.

Pemandangan area di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention. (Dok. Pullman)Sudut hotel yang dijadikan area pesta pernikahan. (Dok. Pullman)

(ard)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA