Wisata Keliling Kyushu Naik Kereta Mewah '36+3'

CNN Indonesia
Jumat, 04 Dec 2020 15:14 WIB
Naik kereta wisata nampaknya harus masuk dalam daftar perjalanan turis saat gerbang pariwisata Jepang dibuka kembali di masa depan. Pemandangan kota Kyushu di Jepang. (iStockphoto/kanonsky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Naik kereta wisata nampaknya harus masuk dalam daftar perjalanan turis saat gerbang pariwisata Jepang dibuka kembali di masa depan.

Saat ini semakin banyak pilihan kereta wisata yang disediakan oleh operator kereta di Jepang, salah satunya oleh JR Kyushu dengan kereta bernama 36+3.

JR Kyushu 36+3, berupa kereta listrik seri 787 berwarna hitam legam yang telah direnovasi, tak kalah mewah dari kereta Seven Stars Kyushu yang sudah lebih dulu populer.


Seven Stars Kyushu, salah satu kereta termewah di dunia, memiliki 14 gerbong yang disulap menjadi kamar suite. Tiket perjalanannya sering habis terjual beberapa bulan sebelum keberangkatan.

JR Kyushu 36+3 menawarkan perjalanan wisata dengan lima rute ke penjuru Kyushu, pulau utama paling selatan Jepang yang terkenal dengan mata air panasnya, bunga azalea di musim semi, dan lokasi gunung berapi aktif terbesar di negara ini, Gunung Aso.

Angka '36' dalam nama kereta berasal dari Kyushu sebagai pulau terbesar ke-36 di dunia, sedangkan angka '+3' mewakili perusahaan kereta api, penduduk Kyushu, dan pelanggan, kata JR Kyushu seperti yang dikutip dari AFAR pada Jumat (4/12).

Terdapat juga permainan kata dalam namanya. Angka 39 dalam bahasa Jepang dibaca sebagai 'san-kyu' yang mirip dengan pengucapan 'thank you (terima kasih)' dalam bahasa Inggris.

Kenyataannya, memang banyak penduduk Jepang yang menggunakan '39' saat mengirim pesan sebagai singkatan dari 'terima kasih'.

Mirip dengan kereta Seven Stars Kyushu, interior enam gerbong kereta di JR Kyushu 36+3 memadukan gaya klasik Jepang dan modern Barat, termasuk pintu kayu berlapis kertas yang digunakan dalam rumah tradisional Jepang dan bentuk lubang angin bermotif 'okawa kumiko', motif yang berasal dari Prefektur Fukuoka di pulau itu.

Kereta JR Kyushu 36+3 memiliki kapasitas total 105 penumpang.

Di gerbong satu dan dua, pelancong akan menemukan 13 kompartemen pribadi yang dilengkapi dengan sofa dan meja bergaya Barat, yang masing-masing dapat memuat hingga enam orang.

Gerbong tiga adalah bar dan restoran yang menjual kuliner khas Kyushu plus makanan laut dan daging sapi wagyu. Sedangkan lounge ada di gerbong empat.

Gerbong lima dan enam menawarkan area duduk berlantai tikar tatami - yang pertama disematkan oleh JR Kyushu - dibuat dengan rumput ilalang dari Prefektur Kumamoto di pulau itu. Mengikuti etiket Jepang, tamu yang duduk di tikar tatami harus melepas sepatu.

Lima rute JR Kyushu 36+3 dibuat mengelilingi pulau Kyushu, dengan pemberhentian di tujuh prefektur.

Pada hari Kamis, kereta beroperasi dari Hakata di utara ke pantai barat pulau di Prefektur Kumamoto yang menawarkan pemandangan Laut China Timur yang spektakuler di sepanjang jalan.

Pada hari Jumat, kereta melintasi selatan pulau dari Kagoshima-Chuo ke Bandara Miyazaki dan berhenti makan siang di Stasiun Osumi Okawara, di mana penumpang dapat menikmati pemandangan Teluk Kinko dan gunung berapi Sakurajima.

Pada hari Sabtu, rutenya membentang di sepanjang pantai timur Kyushu hingga Beppu, dengan pemberhentian di Kota Saiki sehingga para tamu dapat membeli makanan khas setempat, seperti teh hitam yang ditanam di pegunungan dan selai kastanye Jepang.

Setelah meninggalkan Beppu pada hari Minggu, kereta berangkat melintasi garis pantai utara - menantikan pemandangan Teluk Beppu di satu sisi kereta dan pegunungan Prefektur Oita di sisi lain.

Terakhir, rute di hari Senin membawa wisatawan dari Stasiun Hakata ke kota Nagasaki dengan berhenti di kota bersejarah yang terkenal dengan pabrik sake-nya.

Harga tiket JR Kyushu 36+3 dengan paket makan untuk orang dewasa dijual mulai dari 12 ribu yen (sekitar Rp1,6 juta) dengan pemesanan awal diwajibkan.

[Gambas:Instagram]



(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER