7 Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Buat Hidup Lebih Bahagia

tim | CNN Indonesia
Rabu, 09 Des 2020 07:03 WIB
Memulai hari dengan perasaan bahagia tentu membuat performa kerja maksimal. Dengan kata lain, rutinitas pagi sangat penting dan menentukan sisa hari Anda. Memulai hari dengan perasaan bahagia tentu membuat performa kerja maksimal. Dengan kata lain, rutinitas pagi sangat penting dan menentukan sisa hari Anda. (condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memulai hari dengan perasaan bahagia tentu membuat performa kerja maksimal. Dengan kata lain, rutinitas pagi sangat penting dan menentukan sisa hari Anda.

"Rutinitas pagi yang sehat, stres rendah dan fokus menentukan 'warna' sepanjang hari," ujar psikolog klinis Ryan Howes, mengutip dari Self.

Cek lagi rutinitas pagi Anda. Kadang tanpa sadar ada aktivitas yang menurut Anda biasa saja tapi ternyata berdampak negatif seperti terlalu sering menekan tombol 'Snooze' atau pusing menentukan menu sarapan. Berikut rekomendasi rutinitas pagi agar lebih bahagia.


1. Merapikan kasur

Secara teknis, ini semacam kewajiban. Anda merapikan bantal dan guling juga melipat selimut. Tanpa disadari, ini jadi cara membuat Anda merasa nyaman. Selain pikiran bakal lebih tenang, kasur yang rapi juga mendorong Anda kebersihan tidur yang baik. Siapa yang tidak ingin beranjak tidur saat melihat kasur dalam kondisi rapi?

2. Tidak cek ponsel

Ponsel berpotensi menyimpan banyak stressor seperti notifikasi pesan, marketplace juga email dari klien. Oleh karenanya, sebaiknya aktivitas tidak dilakukan saat bangun tidur dan tunda sejenak.

"Saat Anda bangun, Anda sudah tidur dan dalam kondisi rileks. Bukankah akan menyenangkan kalau bisa menjaga ketenangan itu selama mungkin? Ini lebih baik untuk tubuh dan sistem emosional kita untuk mengurangi seberapa lama kita stres seharian," jelas Howes.

3. Peregangan

Olahraga mungkin terdengar terlalu muluk-muluk. Namun tidak ada salahnya menyelipkan peregangan sesaat setelah bangun. Tidak harus melakukan pose-pose yoga atau senam lantai, cukup peregangan di area tangan, leher dan kepala juga kaki.

4. Minum air putih

Melansir dari The Healthy, tiap malam tubuh berpuasa saat Anda tidur. Akibatnya, Anda mengalami dehidrasi saat bangun. Sebaiknya segera minum air putih paling tidak segelas. Jika ini belum jadi kebiasaan, Anda bisa menyiapkan segelas air sebelum tidur dan letakkan tidak jauh dari tempat tidur. Anda tidak akan punya alasan lagi untuk tidak minum air putih.

5. Dengarkan musik

Saat tidur, sebenarnya otak tetap bekerja dan merangkai kreativitas. Anda tentu tidak ingin kehilangan kreativitas itu dan ingin membangkitkannya kembali. Melansir dari The Healthy, ambil waktu sekitar 5-10 menit untuk mendengarkan musik. Musik akan membantu Anda menterjemahkan pikiran dan imajinasi ke dalam rencana-rencana realistis.

6. Sarapan

Apapun kesibukan Anda, jangan sampai melewatkan sarapan. Sarapan bakal jadi amunisi awal dan wajib mengandung nutrisi penting buat tubuh. Ada baiknya merencanakan menu sarapan agar rutinitas pagi tidak terasa buru-buru. Ini pun bisa membuat Anda bersemangat untuk bangun pagi karena, misal, bakal ada kopi beraroma nikmat dan roti bakar dengan alpukat.

7. Cek aktivitas harian

Sebelum tidur, Anda bakal membuat rencana aktivitas untuk keesokan hari. Saat pagi, saatnya untuk mengecek daftar aktivitas agar tidak terdistraksi oleh aktivitas lain yang sekiranya tidak menjadi prioritas.

"Saat kita tidak memilih dengan pasti ke mana harus memfokuskan energi dan waktu kita, orang lain akan memilih untuk kita dan tak lama kemudian kita akan kehilangan segala yang bermakna dan penting," tulis Greg McKeown dalam bukunya 'Essentialism' mengutip dari Self.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER