5 Manfaat Sabun Saffron untuk Perawatan Kulit

tim, CNN Indonesia | Senin, 14/12/2020 19:39 WIB
Kegunaan saffron tidak hanya untuk dikonsumsi sebagai bahan penyedap dan perwarna makanan tapi juga menjadi sabun yang memberikan manfaat untuk perawatan kulit. Ilustrasi. Sabun saffron berguna untuk perawatan kulit. (iStockphoto/Viperagp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kegunaan saffron tidak hanya untuk dikonsumsi sebagai bahan penyedap dan perwarna makanan tapi juga menjadi sabun yang memberikan manfaat untuk perawatan kulit.

Dalam pengobatan tradisional Iran, manfaat sabun saffron dapat memperbaiki warna kulit dan dapat digunakan untuk pengobatan erisipelas (infeksi akut pada kulit).

Ketua Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Profesor Irmanida Batubara, mengungkapkan bahwa dalam pengobatan tradisional Yunani, saffron dimanfaatkan untuk menyegarkan kulit wajah, menyembuhkan jerawat, penyakit kulit, luka serta membuat kulit lebih muda dan cerah.


Berikut ragam manfaat sabun saffron untuk perawatan kulit:

1. Lawan jerawat

Meniru pengobatan tradisional Yunani, sabun saffron akan membantu menyembuhkan juga menghilangkan jerawat. Saffron memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi.

Sabun saffron bakal memberikan manfaat untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Akan tetapi sebagaimana dilansir Femina India, saffron kering yang Anda miliki pun bisa dimanfaatkan. Caranya rendam sekitar 10 batang saffron kering dan 5-6 daun kemangi, olah jadi pasta dan oleskan pada kulit yang berjerawat.

2. Mengurangi pigmentasi

Pigmentasi merupakan kondisi bintik-bintik gelap berukuran besar pada area wajah, leher, bahu dan tangan. Dikutip dari laman Halodoc, pigmentasi biasanya terjadi akibat paparan sinar matahari.

Namun faktor lain seperti pencemaran lingkungan, hormonal juga bisa menimbulkan pigmentasi. Sabun saffron bisa membantu mengurangi pigmentasi juga noda-noda lain di kulit.

3. Kulit jadi 'glowing'

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit segar, muda dan berkilau alias glowing? Berbagai upaya dilakukan tetapi polusi, cuaca ekstrem dan faktor eksternal lain membuat kulit kusam dan tidak segar.

Manfaat sabun saffron akan terlihat dengan penggunaannya secara teratur. Itu dapat membantu memulihkan kesegaran kulit. Selain sabun saffron, manfaatkan pula saffron kering yang direndam pada susu sebagai masker.

4. Mencerahkan

Saffron dikenal mampu membantu mencerahkan kulit. Tidak hanya sabun, pada produk-produk perawatan kulit dengan saffron menawarkan manfaat serupa.

Sejak lama, saffron digunakan untuk merawat kulit termasuk dalam pengobatan tradisional di Iran. Kulit makin cerah dan jauh dari kusam.

5. Hidrasi

Sebagaimana dilansir dari Ozone Ayurvedics, saffron memiliki kemampuan menyerap kelembapan.

Manfaat sabun saffron pun akan membantu menghidrasi pori kulit. Sabun pun akan sangat bermanfaat untuk mereka yang memiliki kulit kering dan dehidrasi.

Namun penggunaan sabun juga harus diikuti dengan pemakaian toner dan pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK