6 Manfaat Saffron untuk Kulit Wajah

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 13/12/2020 16:12 WIB
Saffron jadi salah satu rempah yang kaya akan manfaat. Anda juga bisa mendapatkan manfaat saffron untuk wajah. Ilustrasi. Saffron kaya akan manfaat, salah satunya untuk kesehatan. (Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saffron jadi salah satu rempah yang kaya akan manfaat. Anda juga bisa mendapatkan manfaat saffron untuk wajah.

Belakangan, nama saffron memang sering diperbincangkan. Wajar saja, selain aromanya yang kuat, saffron juga kaya akan antioksidan yang menawarkan banyak khasiat.

Rempah satu ini berasal dari putik bunga Crocus sativus. Tumbuh di Iran dan Kashmir, saffron digadang-gadang sebagai rempah termahal di dunia. Sebanyak 450 gram saffron berkualitas baik bisa dihargai US$5 ribu atau sekitar Rp70 juta.


Namun, di balik harganya yang selangit, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sepadan. Beragam khasiat dimilikinya, termasuk beberapa manfaat saffron untuk wajah seperti berikut, mengutip berbagai sumber.Harganya yang mahal disebabkan oleh proses panennya yang terbilang sulit. Dengan proses yang sulit ini, wajar rasanya jika saffron dijual dengan harga selangit.

1. Melindungi dari radiasi UV

Radiasi UV meningkatkan produksi radikal bebas yang memicu stres oksidatif. Hal ini dapat merusak kulit serta mempercepat penuaan kulit.

Mengutip Healthline, crocin, senyawa aktif dalam saffron bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat radiasi UV. Studi menemukan bahwa crocin bersifat antioksidan, yang artinya dapat membantu mengurangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Studi juga menemukan bahwa crocin melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berkontribusi dalam memicu penuaan dini.

2. Melawan peradangan

Peradangan adalah akar dari banyak penyakit, termasuk pada kulit.

Sifat antioksidan crocin dapat membantu melawan stres oksidatif yang menyebabkan peradangan. Studi menemukan, crocin mampu menekan ekspresi berbagai protein inflamasi.

3. Mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi saat bagian kulit menjadi lebih gelap daripada bagian kulit di sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh pigmen melanin berlebih. Hiperpigmentasi dapat berkembang akibat paparan sinar matahari atau perubahan hormon.3. Mengurangi hiperpigmentasi

Sebuah penelitian menemukan, senyawa aktif saffron, termasuk crocin, dapat menurunkan kadar melanin. Senyawa ini bekerja dengan menekan enzim tirosinase yang berperan penting dalam proses produksi melanin.

4. Mencerahkan warna kulit

Sebuah ulasan yang dipublikasikan dalam jurnal Ancient Science of Life menyebut, saffron dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Penelitian menemukan, kaempferol yang ditemukan dalam saffron, diketahui dapat menghambat oksidasi dengan adanya enzim tirosinase sehingga menunjukkan potensi mencerahkan warna kulit.

5. Membuat kulit lebih bercahaya

Mengutip Girl Style, saffron disebut dapat membersihkan kulit sehingga segar dan membantu menghilangkan lingkaran hitam. Saffron juga membantu proses eksfoliasi dengan meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit tampak bercahaya.

6. Mengatasi jerawat

Jika jerawat sering muncul, konon saffron adalah solusi terbaik. Mengutip NDTV, saffron bersifat antibakteri yang mampu membatu mengurangi jerawat dan mengobatinya secara efektif.

Cara Mendapatkan Manfaat Saffron untuk Wajah, Salah Satunya Toner

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK