Alasan Psikologis Orang Suka Sinetron seperti Ikatan Cinta

tim, CNN Indonesia | Kamis, 07/01/2021 20:19 WIB
Psikolog memaparkan alasan yang membuat seseorang senang dan kecanduan nonton sinetron seperti Ikatan Cinta yang sedang digandrungi. Psikolog memaparkan alasan yang membuat seseorang senang dan kecanduan nonton sinetron seperti Ikatan Cinta yang sedang digandrungi. (Dok: Arsip MNC Pictures)Arsip MNC Pictures
Jakarta, CNN Indonesia --

Sinetron Ikatan Cinta kini sedang digandrungi dan jadi bahan perbincangan banyak orang. Sinetron kejar tayang ini membuat penonton ikut merasakan emosi lewat alur cerita dan karakter yang disuguhkan.

Mengulik dari sisi psikologis, terdapat sejumlah alasan yang membuat seseorang senang dan kecanduan nonton sinetron.

Psikolog klinis Veronica Adesla memaparkan bahwa sinetron, serial drama Korea, atau film adalah salah satu sarana hiburan. Seseorang menonton film agar bisa mendapatkan rasa senang dan terhibur di waktu luang.


"Menonton drama atau sinetron itu tujuannya mengisi waktu luang. Diharapkan dari kegiatan itu seseorang bisa memperbaiki suasana hatinya," kata Veronica kepada CNNIndonesia.com, Rabu (6/1).

Perasaan terhibur itu bisa didapatkan melalui konten atau cerita yang terdapat di sinetron tersebut. Seseorang dapat merasakan emosi dari setiap episode yang ditayangkan melalui akting para pemainnya, pengambilan gambar, dan juga efek kamera serta suara.

Selain itu, sinetron juga membantu seseorang untuk meluapkan emosinya. Misalnya, menonton sinetron dapat membuat seseorang merasa bahagia melalui adegan yang romantis, meluapkan rasa marah lewat adegan yang kejam, dan meluapkan kesedihan saat menangis karena adegan yang menyentuh.

"Kenapa sinetron membuat kecanduan, karena jalan ceritanya membuat penonton ikut bisa merasakan emosi pemainnya. Alurnya juga naik turun dan di akhir episode dipotong sehingga orang menanti-nanti apa kelanjutannya," ungkap Veronica yang praktik di Ohana Space ini.

Selain itu, Veronica menyebut seseorang bisa menyukai sebuah sinetron karena mereka merasa dekat atau berhubungan dengan karakter, adegan, atau alur cerita yang ditampilkan.

"Bisa jadi karena relate dengan kehidupan sehari-hari. Bisa juga karena sinetron menumbuhkan harapan agar nantinya berakhir dengan baik, walaupun di kehidupan nyata tidak begitu," ucap Veronica.

Veronica lantas menyarankan agar setiap orang dapat mengambil hal-hal yang baik dari sinetron, serial, maupun film.

"Tetap jadi penonton yang bijak," ujar Veronica.

Ikatan Cinta bercerita tentang seorang wanita bernama Andin (diperankan Amanda Manopo). Ia ingin melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya bernama Nino (Evan Sanders).

Namun ternyata, Nino adalah orang yang pernah dicintai oleh Elsa (Glenca Chysara) yang merupakan adiknya Andin. Ibunya Andin (Natasha Dewanti) meminta supaya Andin membatalkan pernikahannya dengan Nino. 

Setelah pernikahan antara Andin dan Nino, Andin ditangkap oleh polisi atas tuduhan pembunuhan mantan pacarrnya, Roy karena kesaksian palsu dari Elsa. Di penjara, Andin diceraikan oleh Nino dan harus melahirkan anak darinya.

Usai menjalani masa hukumannya, Andin dilamar oleh Aldebaran (Arya Saloka). Aldebaran, tanpa sepengetahuan Andin, adalah saudara Roy dan dia berusaha untuk membalas dendam dengan membuat kehidupan Andin sengsara dalam kehidupan pernikahan mereka

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK