Cara Membuat Tepung Porang dan Ragam Kegunaannya

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 11:28 WIB
Untuk dapat memanfaatkannya, umbi porang harus diolah salah satunya dijadikan tepung. Berikut cara membuat tepung porang dengan metode tradisional. Untuk dapat memanfaatkannya, umbi porang harus diolah salah satunya dijadikan tepung. Berikut cara membuat tepung porang dengan metode tradisional. (Ilustrasi tepung porang. Foto: MaxStraeten/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia --

Porang merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Tanaman berumbi ini masuk ke dalam suku talas-talasan atau Araceae yang memiliki potensi ekonomi sangat besar, baik untuk industri pangan maupun nonpangan. 

Sayangnya di Indonesia, tanaman porang sebenarnya belum marak dibudidayakan dan masih banyak tumbuh secara liar di hutan, pekarangan yang tidak ditanami, sepanjang tepi sungai, serta lereng gunung.

Umbi porang mengandung zat glukomannan yang tinggi atau biasanya disebut dengan mannan.


Itulah alasannya, umbi porang sangat jarang dikonsumsi langsung karena mengandung kristal kalsium oksalat yang menyebabkan gatal, sehingga pemanfaatannya lebih sering diproses dulu menjadi gaplek atau tepung.

Sama seperti tepung lainnya, cara membuat tepung porang pun harus diolah menggunakan mesin penepung dengan melewati serangkaian prosedur.

Cara Membuat Tepung Porang

Ilustrasi Bahan Pembuatan PastaFoto: Oldmermaid/Pixabay
Ilustrasi cara membuat tepung porang. Tepung porang biasanya diolah menjadi masakan berupa mi, oden, kue, dan jeli karena memberikan tekstur kenyal.
  1. Menggunakan umbi porang hasil panen yang sudah dicuci bersih, hingga tidak ada tanah menempel. Pastikan getahnya tidak menempel ke tangan karena bisa menimbulkan rasa gatal
  2. Porang yang sudah bersih dimasukkan ke dalam mesin pemotong supaya berbentuk tipis seperti chip
  3. Setelah itu, chip porang dijemur sampai kering dan tinggal dimasukkan ke dalam disc mill (mesin penepung) untuk dihaluskan dengan ball mill
  4. Butiran halus tepung porang pun harus difraksinasi terlebih dulu, yaitu memisahkan sisa zat kotor yang tidak terpakai untuk dibuang
  5. Tepung porang untuk bahan komersial biasanya akan dibersihkan lagi sampai kandungan oksalat (pemicu gatal pada kulit) hilang menyeluruh, dan tersisa glukomanannya saja
  6. Apabila sudah bersih akan dilakukan quality control kembali untuk memastikan kualitasnya
  7. Kemudian, tepung porang murni dikemas dengan baik dan siap didistribusikan.

Cara membuat tepung porang tersebut merupakan metode tradisional. Namun masyarakat sekarang sering mengonsumsinya sudah dalam kemasan basah atau bentuk jadi yang lebih praktis, misalnya mi, roti, kue, oden dan sukiyaki, keripik, jeli atau gelatin nabati.

Meski wujudnya sudah menjadi tepung, namun porang tidak bisa menggantikan fungsi dari tepung terigu dalam memasak. Melainkan hanya sebagai bahan tambahan. Tepung porang dapat meningkatkan tekstur kenyal dan lembut pada adonan.

Perbandingannya, dalam satu cangkir tepung terigu, Anda bisa menambahkan setengah sendok teh tepung porang untuk hasil adonan yang lebih empuk sekaligus meningkatkan kandungan serat tanpa mengubah rasa makanan.

Fakta dan Kegunaan Tepung Porang

Shirataki, hasil olahan konjak umbi-umbian hutan, mampu diolah menjadi aneka makanan. Shirataki pun mampu dijadikan pengganti nasi yang rendah kalori.Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Ilustrasi mi shirataki. Shirataki berasal dari tepung porang atau konjak yang bebas kolesterol dan karbohidrat, sehingga cocok dikonsumsi penderita diabetes maupun pelaku diet. 

Olahan dari tanaman amorphophallus muelleri ini banyak menjadi makanan pokok masyarakat Asia Timur selama beberapa dekade, khususnya Jepang dan Tiongkok, Thailand, hingga Vietnam.

Sebagian masyarakat yang mulai mengonsumsinya telah memahami manfaat dari tepung porang atau konnyaku tersebut. Berikut fakta dan kegunan tepung porang bagi kehidupan kita.

  • Mengandung glukomanan yaitu polisakarida yang mudah larut dalam air, sehingga bermanfaat sebagai serat pangan
  • Di Filipina, porang yang sudah menjadi tepung digunakan sebagai bahan baku tambahan membuat roti
  • Dalam industri obat-obatan, kandungan glukomanan pada porang digunakan untuk membentuk dan mengikat tablet atau kapsul
  • Tepung porang disebut lebih baik daya rekatnya dibandingkan tepung beras. Kemampuannya tersebut juga banyak digunakan dalam industri perekat kertas
  • Di industri tekstil, tepung porang dapat menggantikan kanji atau tapioka sebagai bahan pengilap dan penguat tenunan
  • Tepung porang rendah kadar indeks glikemik yang aman apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes
  • Glukomanan pada porang juga mampu mengurangi kolesterol dan memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga memungkinkan bila dikonsumsi saat menjalani program diet. Ini lantaran sifat glukomanan yang dapat menyerap hingga 200 kali pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, dapat memberikan perasaan kenyang dan berguna untuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi sembelit, serta iritasi usus besar.

Itulah cara membuat tepung porang dan pengolahannya ke berbagai bentuk makanan. Dengan membuatnya menjadi produk kering seperti tepung, menjadikan porang lebih tahan disimpan demi mempertahankan kuantitas dan kualitasnya.

Sehingga dalam proses penjualan sampai dengan distribusinya, porang tidak mudah rusak dan lebih praktis untuk pendayagunaan selanjutnya.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK