8 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dengan Bahan Dapur

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 09:00 WIB
Tak perlu susah-susah mencari berbagai produk perawatan untuk menghasilkan warna kulit yang cerah. Berikut cara memutihkan kulit wajah secara alami. Ilustrasi. Ada beberapa cara memutihkan kulit wajah secara alami dengan menggunakan bahan-bahan dapur. (iStockphoto/ake1150sb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak semua orang diberkahi dengan kulit putih yang cerah dan mulus. Ada beberapa cara memutihkan kulit wajah secara alami yang bisa Anda ikuti.

Sebagaimana diketahui, kulit secara alami menghasilkan pigmen yang disebut melanin yang berperan dalam memberikan warna pada kulit. Faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi, dan bakteri dapat menambah produksi melanin dan menyebabkan warna kulit menggelap.

Mengubah jumlah melanin secara alami yang ada di kulit adalah perkara sulit. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan warna kecokelatan dan pigmentasi berlebih yang disebabkan paparan sinar matahari dan faktor-faktor eksternal lainnya.


Tak perlu susah-susah mencari berbagai produk perawatan untuk menghasilkan warna kulit yang lebih cerah. Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang tersedia di dapur.

Mengutip Bebebeautiful dan Style Craze, berikut beberapa cara memutihkan kulit wajah secara alami.

1. Lemon dan Madu

Sifat pemutih alami menjadikan ekstrak lemon sebagai salah satu cara terbaik untuk membuat kulit lebih cerah. Lemon dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya bintik-bintik hitam.

Sementara madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu memudarkan bekas luka dan pigmentasi berlebih untuk membuat kulit lebih sehat bersinar.

Campurkan 1 sdm susu, 1 sdt madu, dan 1 sdm perasan lemon. Oleskan campuran pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Ilustrasi LemonIlustrasi. Kandungan alami dalam lemon dan madu dapat membantu mencerahkan warna kulit. (miradeshazer/Pixabay)

2. Kentang

Kentang memiliki kekuatan untuk mencerahkan kulit tanpa menyebabkan kerusakan. Kentang kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang bertindak sebagai agen pemutih ringan sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Kupas kentang dan potong kecil-kecil. Gosokkan potongan kentang pada area yang diinginkan. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Pepaya dan madu

Pepaya mengandung enzim seperti asam alfa hidroksi dan papain yang membantu menghilangkan kotoran pada kulit, mengangkat sel kulit mati, memudarkan bekas jerawat, sehingga membuat kulit lebih bercahaya.

Ambil 150 gram pepaya dan tumbuk sampai menjadi pasta halus. Tambahkan 1 sdt madu ke dalamnya dan aduk hingga merata.

Oleskan campuran pasta pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas wajah dengan air hangat dan lanjutkan dengan membilasnya kembali menggunakan air dingin.

4. Yogurt

Kaya akan asam laktat, yogurt membantu mencerahkan warna kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan, serta menghilangkan bintik-bintik hitam. Yogurt juga mengandung vitamin B kompleks yang membuat kulit lebih cerah bercahaya.

Campur 2 sdt yogurt tawar dengan 1 sdt madu. Oleskan campuran pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

8 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dengan Bahan Dapur

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK