7 Tanaman Hias yang Viral di 2021

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 16:31 WIB
Sejak pandemi Covid-19, tren tanaman hias melambung. Sejumlah tanaman hias viral pun ramai dibicarakan karena harganya yang mahal. Sejak pandemi Covid-19, tren tanaman hias melambung. Sejumlah tanaman hias viral pun ramai dibicarakan karena harganya yang mahal. (Foto: iStockphoto/Kseniia Soloveva)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tahun berganti ke 2021. Pandemi belum henti, begitu pula dengan tren tanaman hias. Sejumlah tanaman hias viral pernah ramai diberitakan, biasanya karena harganya yang melambung tinggi.

Nilai jual tanaman hias bergantung pada bentuk, tingkat kelangkaan, tingkat kesulitan tumbuh serta merawat, dan faktor-faktor lainnya. Sejumlah tanaman bahkan bisa dihargai hingga ratusan juta rupiah.

Sejumlah tanaman hias menjadi viral karena nilai jualnya, berikut di antaranya:


Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

1. Philodendron Birkin

Philodendron BirkinPhilodendron Birkin merupakan salah satu tanaman hias viral dengan harga jual tinggi (Foto: iStockphoto/Firn)

Salah satu jenis tanaman hias yang sempat viral di kalangan pegiat tanaman hias adalah Philodendron Birkin. Kontras warna pada tulang daun tanaman ini menjadi daya tarik sendiri.

Warna cerah tulang daun yang cukup banyak menjadikan tanaman hias viral ini terlihat rumit, dan hal itu menjadi daya tarik sejumlah pecinta dan pegiat tanaman hias.

Harga tanaman ini bisa mencapai jutaan rupiah. Harga bibitnya saja dijual dengan harga sekitar Rp400 ribu di sejumlah e-commerce.

2. Aroid

tanaman hias aroidTanaman Aroid jadi salah satu tanaman hias viral di kalangan kolektor (Foto: Stockphoto/Supersmario)

Tanaman hias viral lainnya adalah jenis Aroid. Nama tanaman ini melambung ketika seorang warga Garut, Jawa Barat, rela menukar rumah miliknya dengan sejumlah tanaman hias termasuk Aroid.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari warna daun tanaman Aroid, namun gelombang pada sisi daun yang lebar menjadi daya tarik sendiri.

Aroid merupakan nama lain untuk tanaman yang berasal dari keluarga Araceae atau Arum Family. Aroid masuk dalam anggota keluarga tanaman hias yang juga populer seperti Caladium, Monstera, Aglonema, dan Alocasia.

3. Philodendron Florida Beauty

[Gambas:Instagram]

Nama tanaman hias ini menjadi viral ketika tersiar kabar seseorang rela mendapatkan tanaman ini, dan menukarnya dengan kendaraan pribadi, yaitu mobil Yoyota Avanza.

Memang untuk ditukar mobil, tidak hanya satu tanaman tersebut saja, namun dibarengi dengan tanaman lainnya. Namun, tanaman jenis ini memang terbilang laku di pasaran.

Bentuk daun yang sederhana tapi memikat milik tanaman jenis ini menjadi daya tarik, apalagi pigmen daun yang tak beraturan kerap menciptakan berkas cerah pada daun tanaman ini.

4. Monstera Obliqua

Close-up leaves leafs Monstera Monkey Mask in a white pot on a white background. Houseplant Monstera obliqua on a white background with hard shadows.Monstera Obliqua atau janda bolong sempat menjadi tanaman hias viral yang primadona di kalangan pegiat (Foto: iStockphoto/Kseniia Soloveva)

Jenis tanaman hias viral yang satu ini beberapa waktu ke belakang populer dengan nama 'Janda Bolong' atau 'Janbol'. Lubang yang terdapat pada permukaan daun menjadi daya tarik jenis tanaman hias ini.

Seorang pegiat sekaligus pengamat tanaman hias Andriani Tangku Mas'urai mengungkapkan jenis tanaman ini bisa dihargai lebih dari Rp10 juta per daun. Untuk satu pot rimbun, maka harga jual tanaman ini bisa mencapai Rp50juta.

"Kolektor biasanya beli yang rimbun dan harganya mahal. Tapi kalau dari pedagang sih jual cacah 1-2 daun juga ada," kata Andriani saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (24/10).

5. Monstera Variegata

Tanaman Janda Bolong / MonsteraTanaman variegata ini menjadi tanaman hias viral yang memikat (Foto: CNN Indonesia TV)

Mirip dengan jenis monstera lainnya, namun corak belang pada daun tanaman ini membuat sejumlah pecinta dan pegiat tanaman hias tertarik.

Variegata merupakan istilah yang merujuk pada kelainan klorofil daun, sehingga menimbulkan warna belang pada daun. Harga jual tanaman jenis ini bergantung pada bagaimana kelainan warna tersebut membentuk corak.

Untuk beberapa corak hijau-putih yang terbentuk rapi, harga jual tanaman ini bisa mencapai Rp1 juta - Rp1,5 juta per daunnya. Untuk pot rimbun, harga jual tanaman cantik ini bisa melebihi angka Rp10 juta.

6. Aglonema

Beautiful Aglonema plant  sacred tree of Thailand.Tanaman hias viral salah satunya adalah Aglonema. (Foto: iStockphoto/naramit)

Tanaman hias viral selanjutnya adalah Aglonema. Aglonema adalah satu jenis tanaman hias sultan karena harganya yang mahal. Salah satu jenis aglonema, yang kini dikenal dengan nama aglonema Sultan Brunei pun tengah berada di puncak kejayaannya.

Jenis tanaman ini bisa diharagai hingga puluhan juta rupiah. Aglonema termahal sepanjang sejarah berhasil terjual dengan harga Harlequin yang dijual dengan harga Rp660 jutad alam satu pot dalam sebuah pelelangan pada 2006 silam.

Greg Hambali, pria berjuluk Bapak Aglonema Indonesia mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa tanaman ini berharga mahal.

"Pertama, harus cantik dulu dan kemudian tahan banting," ungkap Greg kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

7. Philodendron Minima Variegata

[Gambas:Instagram]

Bentuk daun yang unik dan corak hasil bercak pigmen pada daun membuat tanaman hias viral ini banyak digemari masayrakat, khususnya pecinta dan pegiat tanaman hias.

Dengan tingkat kelangkaannya, tanaman ini bisa dijual dengan harga rata-rata puluhan juta rupiah. Semakin cantik bercak cerah menghiasi daun, biasanya harga jualnya semakin mahal.

Itu lah sejumlah tanaman hias viral yang pernah dikabarkan terjual dengan harga fantastis. Tanaman-tanaman tersebut menjadi viral sejak hobi tanaman hias meningkat sejak pandemi Covid-19.

(fjr/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK