Berbulan-bulan Tutup, Resto Prancis Pertahankan Michelin Star

tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/01/2021 18:30 WIB
Restoran koki Prancis Sylvain Sendra telah ditutup selama berbulan-bulan, tapi dia berhasil mempertahankan bintangnya di Michelin Guide Perancis. Gwendal Poullennec, direktur internasional MichelinGuide (REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi virus corona membuat banyak restoran harus berjuang mati-matian untuk bisa bertahan hidup. Bukan cuma restoran kecil tapi sampai ke restoran dengan bintang michelin.

Restoran koki Prancis Sylvain Sendra telah ditutup selama berbulan-bulan, dan karyawannya sedang cuti, tetapi pada hari Senin ia menerima sedikit kabar baik: restorannya telah mempertahankan bintangnya dalam Michelin Guide tahunan.

Panduan tersebut, yang secara luas dikenal sebagai kitab gastronomi, menerbitkan edisi tahunan Prancis pada hari Senin (19/1).


Saat menyiapkan starter kembang kol dalam balutan krim dan vanila di restorannya yang kosong, Fleur de Pave, Sendra mengatakan bahwa pemandu tersebut menawarkan pengakuan yang sangat dibutuhkan untuk perdagangan yang telah terpukul keras oleh efek pandemi COVID-19.

Dengan restoran yang diperintahkan tutup untuk mencoba menahan penyebaran virus, satu-satunya pendapatan Sendra adalah dari makan malam pribadi yang dia persiapkan untuk beberapa pelanggan setia.

"Bagi orang yang mendapatkan bintang pertamanya, di masa-masa yang kita alami, ini setidaknya akan membuat mereka nyaman," kata chef tersebut dikutip dari Reuters.

Tahun ini, menyelesaikan panduan saja adalah sakit kepala logistik. Hanya ada beberapa minggu ketika restoran buka di antara penguncian COVID-19.

Setiap kali pembatasan lockdown berkurang, para inspektur membatalkan liburan mereka sehingga mereka dapat melakukan kunjungan sebanyak mungkin sebelum restoran terpaksa ditutup lagi, kata Gwendal Poullennec, direktur internasional Guide tersebut.

"Mereka mampu - dengan tetap berpegang pada metodologi kami yang dihormati waktu dan melakukan kunjungan sebanyak biasanya - untuk menetapkan pilihan restoran yang kredibel dan dapat dipercaya seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Poullennec.

Dalam panduan tahun ini, satu restoran baru dinaikkan ke peringkat tiga bintang Michelin yang paling didambakan.

AM par Alexandre Mazzia di selatan kota Marseille bergabung dengan 29 restoran lainnya di Prancis yang sudah memiliki keunggulan tersebut.

Dua restoran diberi dua bintang untuk pertama kalinya, dan 54 restoran menerima satu bintang untuk pertama kalinya.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK