Pertama Kali, Restoran Vegan dapat Michelin Star di Prancis

tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 15:45 WIB
Untuk pertama kalinya, Michelin Guide memberikan satu bintangnya kepada sebuah restoran vegan di Prancis, Ona. Untuk pertama kalinya, Michelin Guide memberikan satu bintangnya kepada sebuah restoran vegan di Prancis, Ona. (clairevallee.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Untuk pertama kalinya, Michelin Guide memberikan satu bintangnya kepada sebuah restoran vegan di Prancis.

Restoran vegan pertama yang berhasil mendapatkannya adalah ONA, Origine Non Animale. Restoran ini terletak di sebuah desa kecil sebelah barat daya Ares, dekat Bordeaux.

Restoran itu menjadi restoran vegan pertama yang muncul di Michelin Guide Prancis sejak pertama kali dibuat pada 1900.


"Kunci utama dari pilihan 2021 adalah penyebaran berkelanjutan dari beragam gaya masakan di seluruh Prancis," tulis Michelin Guide dikutip dari CNN.

"Di ONA ... masakan vegan menjadi pusat perhatian untuk pertama kalinya di sebuah restoran untuk memenangkan michelin star di Prancis," katanya.

Ona didirikan oleh seorang koki yang belajar masak secara otodidak dan mantan arkeolog Claire Valle. Salah satu makanan yang jadi favorit di restoran ini adalah yellow zucchini ravioli with black truffle gnocchi, and a Swiss chard ballotine with vegetable ricotta.

Vallee sendiri mengaku merasa terharu ketika direktur internasional Michelin Guide meneleponnya hari Kamis untuk memberi tahu bahwa ONA-nya telah mendapatkan penghargaan tersebut, sekaligus menjadi restoran vegan pertama yang masuk dalam Michelin Guide Prancis.

"Memasak dengan tim saya seperti tampil di teater. Anda tidak pernah benar-benar tahu bagaimana hal itu diterima sampai akhir," katanya.

"Ini adalah hal yang baik bagi komunitas vegan karena bintang ini adalah bukti bahwa gastronomi Prancis menjadi lebih inklusif. Hidangan nabati itu juga termasuk di sana."

"Tim tempat saya bekerja sangat bangga. Bintang Michelin dan bintang hijau menjadi pengakuan. Ini juga untuk mereka dan produsen lokal serta petani sayuran tempat kami bekerja," tambahnya.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK