Gaun Merah dan Bros Merpati Emas, Simbol Perdamaian Lady Gaga

tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 08:05 WIB
Lady Gaga memilih gaun merah-hitam dengan bros burung merpati berwarna emas di inagurasi Biden-Harris. Ada pesan perdamaian di balik busananya. Lady Gaga memilih gaun merah-hitam dengan bros burung merpati berwarna emas di inagurasi Biden-Harris. Ada pesan perdamaian di balik busananya. (AP/Patrick Semansky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika Kamala Harris memilih pakaian ungu dari desainer Christopher John Rogers, dan Joe Biden memilih busana karya Ralph Lauren dengan warna hitamnya, Lady Gaga memilih gaun yang lebih mewah.

Gaun merah-hitam yang dipakai Lady Gaga memberikan warna lain di hari inagurasi Joe Biden-Kamala Harris, meski jika diperhatikan, merah masih memiliki benang merah dengan pesan tersembunyi warna ungu hari itu. Ungu merupakan gabungan dari warna biru dan merah.

Lady Gaga datang untuk menyanyikan lagu kebangsaan AS dengan menggunakan gaun berwarna merah dan atasan hitam rancangan Daniel Roseberry direktur kreatif Schiaparelli Haute Couture.


Gaun Gaga terdiri dari simple jacket berwarna hitam dan berlengan panjang dengan volume skirt berwarna merah terang.

"Sebagai orang Amerika yang tinggal di Paris, ansambel ini adalah surat cinta untuk negara yang sangat saya rindukan dan untuk seorang pemain yang keseniannya saya kagumi begitu lama," kata Roseberry dalam pernyataannya.

"Maison Schiaparelli merasa terhormat memiliki kesempatan untuk mendandani Lady Gaga yang ikonik pada Inauguration Day yang bersejarah ini."

Dalam unggahan instagramnya, Roseberry sendiri juga mengungkapkan kekagumannya pada Lady Gaga dan kerinduannya kepada Amerika.

[Gambas:Instagram]

Bros penanda perdamaian

Sama seperti busana Biden dan Harris yang memiliki pesan di belakangnya, outfit Lady Gaga juga sarat makna.

Sebuah pesan kecil namun yang kerap kali terlupakan karena politik, yaitu perdamaian kembali diingatkan oleh Gaga melalui pilihan busananya.

Pesan perdamaian dari Lady Gaga ini tercermin melalui bros burung merpati yang membawa daun zaitun di dada kirinya.

Roseberry juga memberikan sentuhan oversized gold dove of peace brooch ini sebagai sebuah pesan kedamaian.

Mengutip berbagai sumber, burung merpati sudah lama menjadi simbol perdamaian. Dalam mitologi Yunani kuno, mereka melambangkan cinta dan pembaruan kehidupan dan dalam budaya Jepang kuno, seekor merpati membawa pedang menandai akhir perang.

"Merpati membawa setangkai ranting zaitun. Semoga kita semua berdamai satu sama lain," kata Gaga dalam unggahan twitternya.

Ini bukan kali pertama Gaga memakai busana dengan pesan terselubung. Buat Gaga, fashion juga menjadi sebuah suara dan cara diplomasi tersendiri. Di 2016 lalu, dia memakai gaun tulle dengan topi koboi bertuliskan Vote untuk mengajak orang-orang memberikan suaranya. Gaun daging Lady Gaga saat VMA 2010 lalu juga punya pesan tersendiri di baliknya. Gaun daging itu merupakan bentuk protes terhadap kebijakan Don't Ask Don't Tell AS yang dianggapnya diskriminatif pada para LGBT di militer.

"Gaun itu memiliki banyak interpretasi. Tapi buat saya, jika kita tidak membela apa yang kita yakini, jika kita tidak berjuang demi hak-hak kita, cepat atau lambat kita akan membusuk seperti daging ini," kata Gaga saat itu.

(chs/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK